Wednesday, April 30, 2003

Besok tanggal 1 Mei sering diperingati sebagai hari buruh sedunia Mayday.....kalo di negara-negara lain mungkin peringatannya berupa hari libur nasional bagi buruh....tapi kalo di Indonesia....mungkin itu sebagai momentum bersama buruh nasional untuk mengadakan demonstrasi....menuntut hal-hal yang lebih baik menurut pandangan mereka.
Sebenernya gw juga baru nyadar besok hari buruh sedunia waktu gw ngeliat mailing list gw.....ada artikel propaganda untuk memperjuangkan buruh nasional.
Kalo kata gw...kata gw lho....ngapain juga demo, bikin cape badan lagi...udah ada terima apa yang ada.
Meskipun demikan....
Di satu sisi gw nyadar bahwa hampir setiap pengusaha nasional sama sekali tidak memperhatikan kesejahteraan buruh mereka, tujuan mereka hanya meraih keuntungan sebesar-besarnya dengan modal seminim-minimnya....Kalo boleh dibilang....mereka sangat-sangat egois ketika berhubungan dengan kewajiban untuk memperhatikan sesama atau mungkin kewajiban sosial. Beberapa perusahaan besar menjalankan program community developmentnya hanya untuk kepentingan publisitas...nggak lebih dari itu.
Dan ironisnya justru perusahaan asing lah yang kelihatannya lebih peduli dengan kewajiban untuk memperhatikan sesama. Beberapa waktu yang lalu gw pergi ke Riau Pekanbaru atas tugas kantor. Kok ya gw perhati-in kawasan yang dihandle sama Caltex itu kelihatannya lebih terpelihara daripada kawasan lainnya yang dihandle sama pemkot setempat...., terlepas bahwa Caltex itu sempet ngerjain pemerintah pusat karena kepentingan bisnisnya....itu baru satu contoh.
Contoh lainnya adalah ........ inget lomba The Power of Dreams dari Honda? Gimana perusahaan multi-nasional itu merangsang daya imajinasi anak muda..
Tapi emang nggak semua perusahaan nasional tidak memperhatikan kewajiban sosialnya....dua perusahaan yang gw amati cukup concern terhadap kewajiban sosial adalah PT Sampoerna dan Indofood....
OK kembali ke masalah buruh...
Namun di sisi lainnya juga, kinerja buruh nasional kita nggak terlalu bagus-bagus amat, ngapain mereka menuntut hak yang lebih baik lagi? Udah untung dapet kerja....
Banyak pejabat yang ngerasa miris ngeliat kinerja buruh nasional jika dibandingkan dengan beberapa negara Asia lainnya seperti Cina, Malaysia, Taiwan.....bahkan Jepang. Kinerja buruh disana emang udah top banget deh....
Makanya jangan heran kalau ternyata Indonesia yang paling lambat ke luar dari krisis ekonomi dibandingkan negara-negara lainnya seperti Malaysia dan Thailand.......
Kita juga jangan nutup mata bahwa SDM buruh kita yang punya kualifikasi diatas rata-rata lebih memilih untuk bekerja di luar negeri karena iming-iming pendapatan yang lebih besar. Saya pernah denger kalo buruh pabrik di Korea misalnya....bisa dapet sekitar Rp3 juta sampe Rp4 juta....padahal kerjaan-nya nggak jauh beda dengan buruh nasional.
Akhirnya...ya seperti lingkaran setan...
buruh sibuk demo nuntut kesejahteraan lebih tinggi, pengusaha sendiri income-nya jadi kurang, terus mereka ngurangin upah buruhnya....terus buruh demo lagi...
Siapa yang bisa mutus lingkaran setan ini?
Akhirnya kok gw ngerasa lebih baik negeri ini ditangani sama orang asing aja kali ya....biar lebih tertata dengan apik..........
Tapi bagaimana pun juga....selamat hari buruh...mayday

No comments: