Friday, July 16, 2004

tadi malam, sesaat sebelum pergi liputan...
redaktur: "roi, tolong lihat ini ya, ini buat SDM, baca dulu, tanda-tangan terus balikin."
roi: "o iya mbak."
selembar kertas yang mengingatkan saya pada rapot bayangan semasa SMP dulu. Di bagian atas kertas itu tertulis "Realisasi Penilaian Prestasi, Periode Semester I/ Th 2001, Faktor Penilaian Aspek Kinerja". Sedangkan dibaliknya tertulis "Realisasi Penilaian Prestasi Periode Semester I/Th 2004, Aspek Kompetensi"
terus terang saja, saya tidak mengerti penggunaan bahasa yang digunakan pada lembar penilaian itu. mirip-mirip gaya bahasa yang digunakan pada perjanjian-perjanjian hukum atau peraturan-peraturan pemerintah. meskipun tidak serumit itu.
yah...seperti halnya pengalaman mendapatkan penilaian yang sudah-sudah, SD, SMP, SMA, PT...saya bisa menilai bahwa diri saya adalah termasuk orang yang amat sangat biasa.
Dari aspek kinerja misalnya, seluruh tiga item yang ada menyatakan bahwa saya hanya bisa memenuhi kriteria kedua dari beberapa kriteria yang ditentukan.
Dari aspek kompetensi...hmmm....ini dia yang saya bingung karena penggunaan bahasa yang rumit itu, ada enam item penilaian. masing-masing item mempunyai empat kriteria, dan diantara empat kriteria itu hanya satu atau dua penilaian yang menunjukan kriteria yang tidak memuaskan.
Contohnya untuk item inisiatif, empat kriteria yang adalah; bekerja mandiri, bekerja melebihi yang dituntut, bekerja melebihi yang dituntut dan berdampak jangka panjang, serta tidak memiliki inisiatif.
Saya sendiri mendapat penilaian bekerja mandiri.
Yang aneh ini; untuk item inovasi, penilaian buat saya adalah menghasilkan sesuatu yang baru dan belum pernah dilakukan di tingkat perusahaan/industri sejenis dalam rangka memperbaiki kinerja usaha...
did I do something great recently for this company?...
hmmmm...blogging termasuk mungkin ya...

No comments: