Monday, November 22, 2004

Bayangan saya tentang Jakarta yang ideal adalah pada saat liburan lebaran kemarin; tidak terlalu padat, jalan raya agak lancar, dan cuaca yang tidak terlalu panas menyengat.
Saya sering berkhayal, "Kapan ya Jakarta kalau normal bisa seperti ini?", nyaman buat penduduknya. Beberapa waktu yang lalu saya sempat melihat foto kawasan pancoran pada tahun 60-an. Wah...masih kosong melompong sekitar pancoran tuh, taman-taman di sekitar patung pancoran masih bisa dipake buat maen bola.
Saya yakin, sebenarnya sudah ada klasifikasi yang ideal yang bisa digunakan untuk menilai sebuah kota (atau mungkin ibukota) nyaman buat penduduknya. Mungkin faktor-faktor itu yang menjadi pertimbangan pemerintah Korea Selatan untuk memindahkan ibukotanya dari Seoul ke Busan. (Kalo nggak salah....halo ndy...)
Kira-kira, kalau ibukota Indonesia mau dipindahkan dari Jakarta, kota yang ideal di mana ya? Ada tiga kota yang terlintas; Banten, Yogyakarta, dan Cirebon.
Dari ketiga kota itu, hanya Yogyakarta yang pernah punya 'pengalaman' sebagai ibukota Indonesia pada jaman agresi militer Belanda dulu. Tapi kalau melihat kondisi sekarang, sepertinya cukup sulit untuk mengembangkan infrastruktur sebuah ibukota di Yogyakarta, karena jumlah penduduk disana sudah mulai jenuh.
Cirebon dan Banten lebih menjanjikan untuk sebuah 'calon' ibukota. Dua kota pelabuhan itu memiliki lahan luas untuk pengembangan infrastruktur dan jumlah penduduk yang belum cukup banyak.
Kalau di luar Jawa, kira-kira kota-kota yang layak untuk dijadikan dimana aja ya?

No comments: