Monday, March 21, 2005

the insider

Salah satu film hollywood tentang dunia jurnalistik yang termasuk kategori lumayan bagus menurut saya adalah the insider. Film yang dirilis tahun 1999 ini dibintangi oleh Al Pacino dan Russel Crowe.
Diambil dari kisah nyata, the insider bercerita tentang pengungkapan rahasia perusahaan bagi kepentingan publik. Intinya bisa dilihat disini. Tadi malam, Trans TV memutar film ini.
anyway...
Beberapa bulan terakhir ini, sejujurnya, secara batiniyah dan mental, saya merasa tersiksa bekerja sebagai wartawan di Indonesia, karena mau nggak mau, terdesak atau nggak, mayoritas kerja-an saya disini menjadikan saya sebagai orang yang munafik. Bagi saya, hal itu dipicu oleh atmosfir kerja wartawan di Indonesia (atau mungkin itu hanya terjadi di kantor saya? tapi rasa-rasanya tidak). Sangat sulit untuk menjadi wartawan independen dan mandiri di Indonesia.
Saya tidak bisa menjadi seorang Lowell Bergman-tokoh yang diperankan oleh Al Pacino dalam the insider-, seorang produser acara '60 minutes' di CBS, yang begitu mencintai dunia jurnalistik sehingga rela kehilangan pekerjaan di sebuah stasiun tv ternama.
Saya tidak mampu menjadi seorang Lowell Bergman, yang dapat memanfaatkan jaringan narasumber dan rekan kerja, untuk menguak hal-hal yang perlu diketahui masyarakat luas.
Saya hanya merasa bahwa saya ini adalah seorang pion yang gampang dipermainkan oleh para pengusaha dan penguasa....

No comments: