Tuesday, July 05, 2005

batuk pilek

Sudah seminggu terakhir ini saya kena batuk pilek, panduan yang paling manjur untuk alasan bolos kerja dari kantor, tapi berhubung di kantor kebetulan ada bos lagi yang cuti, terus redaktur muda-nya juga baru, jadilah saya berusaha untuk masuk kantor.
Lumayan ribet juga, apalagi kalo keingetan omongan nenek tadi pagi yang baru juga ampir kena pilek. "Rasanya seperti digebukin orang sekampung ya kalo mau kena flu ....".
Sebenernya sih dulu pas masih nge-kos, ada obat yang lumayan manjur buat menangkis dynamic duo ini: kalau udah kerasa mau flu atau pilek (itu biasanya ditandai dengan kepala agak pusing dan tenggorokan agak gatel), pulang dari kantor biasanya saya mampir di warung jamu langganan, pesen telor ayam kampung setengah mateng dua, dan jangan lupa 'penutup'-nya berupa air perasan jeruk nipis yang masih hangat (gratis lho) .... mmmm ....
Pulang ke kos bisa langsung tidur aja.
Tapi sekarang nggak bisa kaya begitu karena: pertama udah nggak kos lagi, kedua kantor sama tempat tinggal udah pindah, dan ketiga nggak ada warung jamu yang sepertinya 'memadai' seperti di pasar slipi.
Jadi, selama hampir seminggu terakhir ini, perjuangan melawan flu ditemani jeruk pontianak dan sesekali minum obat batuk hitam yang ternyata nggak begitu ngaruh. Akhir minggu lalu, temen di kantor nyaranin saya buat mampir di warung soto. Minta jeruk nipis ke mereka, peres itu jeruk, trus airnya dicampur kecap, baru diminum, manjur lho. Itu promosinya.
Nenek saya ngasih tau resep yang lebih ajaib: bakar dulu jeruknya sampe gosong, udah gitu diperes, campur kecap, baru diminum. Jeruknya jangan terlalu banyak, secukupnya aja, minimal dua biji.
Iseng-iseng saya nyoba resep itu (setelah dipaksa sebenernya sih ...). Syukur deh kayanya udah mulai berkurang batuknya sekarang. Rasa resep itu juga nggak terlalu parah, enak malah, kaya sate kambing (kalo ditambahin potongan kecil daging kambing yang ikut dibakar sama jeruk, trus dicampur kecap .....)

No comments: