Wednesday, October 01, 2008

Tentang lebaran

Ramadhan sudah lewat sejak sekitar 45 menit yang lalu.
Saya membayangkan, kalaulah Orde Baru masih berkuasa sampai sekarang, kemungkinan besar kita akan melewati malam takbiran sambil menonton film G 30 S-PKI, mungkin yang sudah direvisi dengan penggantian beberapa aktor dengan 'stok' yang lebih muda: Didi Petet, Mathias Muchus atau mungkin yang lainnya. (ada usulan?)
Rasa-rasanya, baru kali ini saya mengalami akhir bulan Ramadhan yang bertepatan dengan tanggal 30 September.
Secara keseluruhan, kalau boleh saya nilai, saya pribadi menjalani Ramadhan yang lebih baik daripada tahun lalu. Yah minimal sempat beberapa kali menjalankan shalat tarawih berjamah. Berbeda dengan tahun lalu yang hanya sekali. Nggak tau kenapa sejak pindah kerja, frekwensi saya bershalat tarawih berjamaah pada Ramadhan menurun dengan amat signifikan.
Ramadhan kali ini juga memberikan pengalaman pertama saya mudik sekeluarga untuk merayakan lebaran dengan keluarga orang tua saya di Bandung. Tadinya saya sudah was-was bakalan kena antrian panjang kendaraan, karena saya berangkat pada hari yang diperkirakan menjadi puncak arus mudik. Untungnya itu nggak kejadian, Bandung-Jakarta ditempuh dalam waktu sekitar dua jam. Sampai di Bandung masih pagi, jadi sempat jalan-jalan di ITB.
Saya kadang-kadang penasaran, apa yang ada di benak orang lain saat hari terakhir Ramadhan ya? Dulu saya sempat diberi tahu kalau para sahabat Rasul menangis sedih ketika Ramadhan berakhir karena mereka akan meninggalkan bulan yang penuh rahmat.
Sedangkan saya? Yah saya harus mengakui bahwa yang terlintas di benak saya setiap hari terakhir Ramadhan adalah: Alhamdulillah, ini hari terakhir puasa dan besok nggak puasa - karena saya menganggap bahwa Ramadhan adalah ujian yang cukup berat.
Jadi saya ingin mengucapkan: Selamat nggak puasa besok soalnya udah lebaran, mohon maaf lahir batin dan semoga kita semua termasuk ke dalam orang-orang yang diberkati Allah SWT.
Dan buat yang tidak merayakan lebaran: have a nice long holiday.

No comments: