Wednesday, November 05, 2008

Obama Menang

Ditengah-tengah acara client saya siang ini, tiba-tiba saya didekati oleh seorang wartawan RCTI dan langsung 'menodong' saya.
"Mas saya baru dapet kabar dari kantor, Obama menang, bisa nggak saya minta pendapat mas untuk Vox-pop...?"
What the....
"Iya mas pendapat pribadi aja...."
Saya melihat ke sekeliling saya, "...tapi...mmmm.... dia aja deh," kata saya sambil nunjuk bos saya yang kebetulan berdiri di dekat saya.
"Nggak, udah kamu aja," lembar dia.
Di-shot sama TV, RCTI pula, kapan lagi?
"Ok deh"
"wah makasih mas..." kata wartawan RCTI itu, melirik ke arah kameramen untuk memberikan tanda bersiap.
...tapi....mengingat bahwa saya orang yang gampang gugup, saya langsung bilang
"Mas, kasih saya waktu saya sebentar buat persiapan ya..."
"...OK..."
sekitar setengah menit saya membayangkan apa yang akan saya bilang nanti....
"Oke mas...
Pertama-tama saya mengucapkan selamat kepada Senator Obama atas kemenangannya menjadi Presiden Amerika Serikat. Mudah-mudahan, Senator Obama, yang sekarang menjadi Presiden Amerika Serikat, bisa membuktikan janji-janjinya selama masa kampanye, dan membawa perubahan bagi politik luar negeri Amerika Serikat, jadi hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat bisa jadi lebih baik....
...."
Baru tadi pagi saya membaca postingan Adit tentang Obama ini, meskipun isinya 'keras', saya setuju sama dia, bahwa perubahan harus dimulai dari diri sendiri dan jangan mengharapkan orang lain.
Tapi nggak tau kenapa saya ngerasa exiting aja Obama terpilih. Mungkin, terpilihnya Obama ini menjadi semacam simbol perubahan yang bakalan terjadi di Amerika sana, perubahan yang menuju perbaikan tentunya.
Atau mungkin terpilihnya Obama lebih seperti jaman reformasi mahasiswa dulu? Ketika mahasiswa berhasil mendobrak pardigma lama. McCain dan Obama, yang satu generasi tua dan yang lainnya generasi muda.
Sepulang dari acara klien, melalui sebuah mailing list, saya mendapatkan translasi teks pidato Obama setelah menang dari McCain, istilah yang dipakai dalam subject email adalah: Obama Acceptance Speech. Dan saya suka apa yang dia bilang disana...
So let us summon a new spirit of patriotism; of service and responsibility where each of us resolves to pitch in and work harder and look after not only ourselves, but each other.
Semoga

2 comments:

Lia Marpaung said...

waah jadi diwawancarai nih, rom ? tambah ngetop doonk hihihi kapan jadinya lunch bareng kita2 niih ???

Anonymous said...

@lia
hehehe, tapi gue sendiri blon liat tampang gue di TV itu tuh. Iya, kapan kita makan bareng ya?