Monday, April 18, 2011

Seniman

Seniman itu ahli. Dalam arti luas. Seorang seniman itu biasanya punya pola pikir 'out-of-the-box', mengerjakan sesuatu diluar kebiasan, diluar pakem-pakem yang selama ini biasa dijalankan.
Saya sering banget denger penggunaan kata 'seniman' ini dalam tulisan, atau lebih banyak dalam narasi, pada hal-hal yang sangat sedikit berhubungan dengan seni. Seniman, sebagai seorang ahli, sepertinya mempunyai pendekatan alternatif dalam menangani sebuah masalah-kejadian-atau apalah namanya itu.
Seperti Agus Hadi Sudjiwo atau Sujiwo Tejo. Pekerja seni tenar yang DO dari ITB. Beberapa hari yang lalu, saya mem-follow akun twitter-nya: @sudjiwotedjo, saya lupa lagi kenapa saya follow dia, mungkin karena dia di-mention di garis-masa akun twitter saya.
Alih-alih pengetahuan atau informasi tentang seni yang saya dapatkan dari dia, saya mendapatkan informasi lain: khususnya tentang pendidikan. Dua hari terakhir ini @sudjiwotedjo lumayan aktif nge-twit tentang UN dan hari ini tentang skripsi.
Khusus tentang UN, ada beberapa tips alternatifnya yang membuat saya berpikir "Eh, iya ya, mungkin emang harus digini-in.."
Anggap bahwa semua punya otak dan nyawa,ya tanganmu,ya matamu,ya telingamu,maka dlm belajar jgn cuma pakai mata
Contoh soal dan jawaban jangan cuma kamu baca,ucapkan juga shg telingamu dengar,tulis ulang agar tanganmu jg "tahu"
Ekstremnya,andai soal dan jawab itu kamu imajinasikan punya bau,aktifkan juga indra penciumanmu
Inget,mata,tangan,telinga,penciuman punya memori masing2.Belajar akan efektif kalau seluruh memori tuh nyatu
Semua tulisan diatas dibuat dia dengan hashtag #tipsUAN. Lumayan buat nambah pengetahuan dan sepertinya sih ini bisa diterapkan di hal yang lain-nya juga.
BTW hari ini saya juga dapet info menarik tentang pendidikan dengan metoda mind mapping. Mungkin nanti bakalan saya share kalau sudah dapet info-nya secara menyeluruh.
GO JANCUKERS

No comments: