Tuesday, July 16, 2013

Sekolah Dasar

Jadi, hari Senin kemarin adalah minggu kemarin Putri Jail mulai masuk SD. Atas pilihan dia, dia pilih Sekolah Alam Bekasi.
Halaman luas yang menyerupai kebon, bangunan kelas berupa saung, ada fasilitas outbond. Mungkin itu yang jadi pertimbangan dia milih sekolah ini. Pertimbangan saya? Nggak ada PR :) Sekolah ini memang nggak membebankan PR buat murid-muridnya.
Saya memang ingin Putri Jail menikmati masa kanak-kanaknya dengan bermain, bersosialisasi, dan menjelajahi dunia dari mata anak-anak. Dan sepertinya itu semua bisa didapat di Sekolah Alam Bekasi ini (sepertinya....)
Lulus dariTK-nya, kami langsung membahas apa yang bakalan Putri Jail perlukan di Sekolah Alam. Sebagian besar sih masalah baju karena di sekolah ini murid-muridnya nggak diwajibkan memakai seragam.
Jadi baju apa yang cocok ya? Dia gampang berkeringat. Kemarin waktu pas trial disini, Putri Jail sampai harus ganti baju karena bajunya jadi kotor dan berkeringat. Pertimbangan saya: ini kan namanya sekolah, jadi harus pake kemeja.....dan ternyata mental aja gitu. Kami akhirnya membelikan beberapa kaus lengan panjang beserta kerudung praktis.
Untungnya, peralatan yang lain sepertinya nggak terlalu dibutuhkan. Buku-buku sudah disediakan di sekolah dan untuk kelas 1, sepertinya belum terlalu banyak kegiatan baca, tulis, dan menghitungnya.
Tapi sepertinya, saya terlalu fokus untuk mempersiapkan Putri Jail. Saya lupa bahwa saya juga harus dipersiapkan: mengatasi berbagai kekhawatiran.
Saya juga harus belajar lagi: bahwa nggak selamanya anak bakalan ada di samping orang tuanya. Mereka punya jalannya masing-masing.

No comments: