Tuesday, August 23, 2016

Ibay

"Gue gak pernah anggap gue jurnalis waktu di Jerman dulu, karena kerjaan gue adalah translate berita. Reporter. Jurnalis itu: dia riset, wawancara orang, nulis dari awal. Gue cuma terjemahin dari bahan yang ada. Malu gue (kalo nyebut gue jurnalis)."
Gue lebih kenal dia dengan nama Ibay; meskipun dia punya nama asli yang jauuuuh lebih bagus.
Pertama kali ketemu dia adalah tahun 1997; hari pertama gue kerja di radio di Bandung sana. Pekerjaan pertama gue adalah: literally penerima telepon. Itu juga adalah kali pertama gue berkenalan dengan industri komunikasi.
Dulu dia punya posisi yang jauh lebih tinggi daripada gue yang sekedar menerima telepon masuk: Koordinator Liputan. Dan karena bimbingan dia, gue bisa menapak ke tingkat yang lebih tinggi: staf BURAS (will let you know in separate writing yaaa), reporter, penyiar, dan produser.
Dia salah satu mentor terbaik yang pernah gue punya; yang sayangnya makin kesini makin jarang gue dapet mentor di tempat kerja sebaik dan sebagus dia. 


No comments: