Saturday, March 27, 2021

3 Keputusan Penting #1

Seorang Selebgram yang gue follow, posting pertanyaan di IG Storiesnya: Apa 3 keputusan penting yang pernah lo ambil selama hidup lo? Apa yang bisa kamu pelajari dari keputusan itu? Dan apa yang mungkin you do differently kalo dikasih kesempatan lagi.

Gue coba jawab di DM-nya, eh taunya gak muat dan kepanjangan. Jadi gue coba gue buat disini aja.

Pindah ke Jakarta buat kerja

Gue mengawali masa kerja dengan bergabung di sebuah radio, yang mungkin salah dua dari cikal bakal radio berita di Indonesia. Satu radio lainnya ada di Surabaya.

Gue mulai kerja setelah memasuki tahun/semester akhir kuliah. Kerjanya paruh waktu. Seminggu cuma tiga kali kerja, dari jam 6 pagi sampai jam 10 pagi. Tugas gue adalah jaga telepon dan melakukan follow up buat telepon yang masuk. Gaji pertama gue? Rp50 ribu sebulan.

Dulu kondisinya nyaman banget: tinggal masih di orang tua, udah punya kerjaan meskipun paruh waktu dan, ini Bandung gitu lho. Sampai sekarang gue masih menganggap kalo Bandung itu adalah tempat tinggal yang paling ideal: udara sejuk, biaya hidup yang relatif rendah dan atmosfir Bandung yang nyantai.

Tapi mungkin karena gue nganggap kalo gue butuh tantangan yang lebih besar, gue mulai kirim aplikasi pekerjaan. Dan gue akhirnya dipanggil untuk ikut proses seleksi di sebuah koran ekonomi nasional. 

Gue jalanin lah proses seleksinya, dua kali PP Bandung - Jakarta. Jangan dibayangin dulu perjalanan Bandung Jakarta kaya sekarang yang lebih efisien dan efektif pake tol ya. Dulu transportasi andalan untuk Bandung Jakarta menurut gue adalah kereta api, yang harga tiketnya - menurut versi roi yang dulu - cukup mahal.

Akhirnya gue lolos program seleksi dan diterima kerja jadi wartawan. Gue sempet ragu buat terima tawaran kerja ini: melepaskan semua kenikmatan dan kenyamanan di Bandung buat kerja di Jakarta yang penuh ketidak-pastian? Gila banget si. Bukannya lebih enak di Bandung? Udah punya penghasilan, tinggal sama orang tua, dan banyak temen maen. Beneran mau pindah?

Somehow, gue ngerasa gue harus 'lepas' dari orang tua. Gue inget banget kalo gue dulu sempet daftar ke Enhai karena dengan lulusannya cepet dapet kerja dan gue pengen banget cepet-cepet mandiri: kerja dan punya penghasilan sendiri. Tapi ternyata gue enggak lolos buat masuk Enhai.

Keinginan buat mandiri itu kayanya yang punya pengaruh besar kenapa gue pindah ke Jakarta.


No comments: