Monday, April 14, 2003

Mau tau gimana ribetnya ngurus negara? Mungkin ada bagusnya gabung di game online kurusetra atau di utopia
Gua sendiri udah ikutan dua-duanya....dan hasilnya? Jadi males kerja......:) Abis mau gimana lagi? Keasyikan banget....meskipun kadang-kadang perkembangan yang terjadi nggak selalu yang diharapkan.
Mungkin intinya nggak seperti ngatur negara saat sekarang...tapi lebih bersetting jaman dulu, waktu kekuasan suatu negara ditentukan hanya dengan konflik antar negara...(kalo sekarang kekuasan negara nggak selalu ditentu-in dari konflik antar negara...tapi bisa juga ditentu-in dengan faktor lainnya...misalnya Jepang dengan bidang industri manufaktur sama ekonominya, India dengan SDM informatikanya,....walaupun demikian, tetep aja mayoritas manusia sekarang masih menganggap bahwa untuk menunjukan superioritasnya hanya bisa dilakukan oleh militernya.....nyindir Amrik nih).
Walaupun gitu, kita nggak harus terus-terusan nyerang suatu daerah biar bisa dapet point tinggi, tapi kita harus juga jalin kerjasama dengan daerah lainnya yang satu kawasan, ngejaga kekompakan di satu kawasan, dan yang paling penting juga merhati-in SDM dalam negeri.
Ada beberapa karakter makhluk yang bisa dipilih....jadi nggak hanya manusia doang. Di Kurusetra yang ngambil setting pewayangan misalnya, kita bisa milih jenis makhluk: Jatayu (manusia setengah burung), Wanamarta (penghuni asli hutan rimba....inget Hanoman?), Kurawa, Dedemit. Kalo jenis manusia mungkin diwakili sama Ksatria.
Selain itu kita juga bisa milih karakter, yang tentunya juga punya kelebihan dan kekurangan: pedagang, siluman, panglima perang, panglima serang, panglima bertahan, brahmana, petani....terus yang lain.
Sedangkan di Utopia.....jenis makhluknya juga beragam....pokoknya seperti di film Lord of The Ring...ada Elf, Orc, Human...sama yang lain, tapi nggak ada karakter Hobbit....
That's all

NB: Buat Riqeh.....perasaan elo cewek deh

No comments: