Monday, June 09, 2003

Dari sekian banyak film yang gw suka, ada dua film yang temanya lumayan mirip: Good Will Hunting sama Little Man Tate...
Dua film itu menurut gw menggusung ide yang sama tapi dengan penuturan yang berbeda...
Intinya adalah bagaimana seseorang yang jenius merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar....gimana mereka kebingungan buat memanfaatkan potensi yang mereka miliki untuk masyarakat mereka...yang akhirnya mereka sendiri yang harus nentuin langkah mereka...
Satu hal yang ngebuat gw tersentuh adalah kenyataan bahwa sebenarnya setiap orang merupakan individu yang unik dan bisa mengoptimalkan keunikan mereka, sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Tentunya setelah mereka mengenal diri sendiri....
Di Little Man Tate misalnya, Tate akhirnya memilih untuk mengambil bidang akademis yang menurut dia sangat menarik. Sedangkan di Good Will Hunting, Will akhirnya lebih memilih untuk 'mengejar' sesuatu hal yang mungkin cukup penting bagi dia.....seorang kekasih...
Yah tiap orang kan berhak menentukan pilihannya....yang jadi masalah adalah apakah dia dibekali informasi yang cukup banyak tentang segala hal, dirinya sendiri dan lingkungan sekitar....dan itu tugas masyarakat....bukan hanya dunia pendidikan semata...
Gw inget banget dulu pas masih kuliah...atau bahkan dimulai dari SMP....gw suka minder karena gw ngerasa nggak seperti orang lain yang tampaknya punya kehidupan lebih baik dari gw.....walhasil selama SMP sampe awal-awal kuliah, gw merupakan orang yang kuper banget....jarang gaul sama temen-temen gw...ngebatasin pergaulan hanya sekitar lingkup keperluan gw...Kampus doang.....
Tapi ada temen gw yang nyadarin gw bahwa memang tiap individu itu unik dan masing-masing orang mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri....tergantung kita sendiri apakah kita bisa mengoptimalkan kelebihan dan meminimalisir kekurangan yang ada....
Akhirnya...dari sekian banyak masa-masa kehidupan yang telah gw lewatin, gw ngerasa masa-masa pas kuliah lah yang paling gw nikmati....agak cuek dengan pendapat orang laen tentang gw....gw mulai belajar ngegabung sama anak-anak temen gw kuliah.....

No comments: