Wednesday, June 25, 2003

Hari ini gw baru selesai baca bukunya Dee yang baru...Akar....sebenernya sih bukunya udah terbit lama, cuma gw baru beli sekitar sebulan kemaren...dan baru selesai baca pagi tadi gara-gara banyanya nyicil...biasa...sibuklah...sebagaimananya selebritis...:D
Sejujurnya sih...awal-awal gw tertarik beli buku Supernova yang kedua ini karena fisiknya, sampulnya inovatif, gambar disampulnya bagus...naga..terus ada orang bertapa....kayanya bagus aja kalo dijadi-in tato (nuansa sampulnya bisa dilihat disini).
Cara penuturannya masih bagus...seperti di Supernova kesatu, yang kalo nggak salah judulnya ksatria dan bintang jatuh...Gw suka aja cara dia memilih kata-kata untuk mewakili perasaan seseorang di kedua bukunya. Puitis banget...
Cuman sayangnya, kalo dilihat dari jalur cerita....kayanya gw masih bisa 'nerima' ide jalur cerita di Supernova kesatu. Kalo di Supernova kesatu, meskipun alurnya dibolak-balik antara kenyataan di buku itu sama virtualitas di buku....gw masih bisa ngikutin. Bahkan mungkin kalo kata gw....jalur cerita seperti itu baru gw baca kali itu (bukan kali ini)...berbelit tapi gw masih bisa ngikutin.
Sedangkan yang kedua...hmmmm....jalur ceritanya kaya gimana ya...gw juga bingung.....ada dua cerita yang menurut gw sama sekali nggak nyambung...dan dua-duanya diputus ditengah jalan...kesan ngambangnya berbeda dengan kesan ngambang di Supernova 2....atau jangan-jangan buku yang gw beli cetakannya nggak sempurna...ilang beberapa lembar...:D Padahal gw beli di Gramedia.
Gw sebenernya sedikit (sedikiiiiiiiiiiitttttttt) nyesel juga kenapa Dee nggak bisa menampilkan jalur cerita yang lebih kreatif...karena terus terang aga jalur cerita yang ada di Supernova 2 mirip-mirip seperti Balada Si Roy turis backpaper asal Indonesia....yang sempet ngetop waktu gw SMP dulu. Nggak ada yang baru di Supernova 2, cuma mungkin tokoh-tokohnya kali ya.
Gw sih coba berpositif aja...mungkin Dee lagi kejar tayang....:D atau mungkin suasana pikiran sama perasaannya agakagak terpengaruh sama kehadiran Marcel....(sumpah gw nggak cemburu kok....:D). Gw inget banget pertama kali gw selesai baca Supernova I gw langsung takjub....ternyata ada ya pengarang Indonesia yang kaya gini....
Meskipun demikian, gw tetap menikmati kok cara dia menggambarkan apa yang dirasakan oleh seseorang di buku itu dengan rangkaian kata-kata puitisnya. Kalo di novel-novel barat gw suka cara pengarangnya ngegambarin kondisi dan situasi...yang gw suka dari Dee adalah ngegambarin perasaan orang.

No comments: