Tuesday, August 05, 2003

Dorodjatun Kuntjorodjakti.............
standing on the shoulder of giant........
Tadi gw liputan tentang rapat koordinasi kesiapan Indonesia menghadapi WTO...ada beberapa menteri yang datang...dan gw terkesan sama orang yang satu itu...gw langsung keingetan istilah orang inggris...standing on the shoulder of giant...
Suatu ketika, ada seseorang yang bertanya ke ilmuwan terkemuka...(gw lupa...kalo nggak Newton ya Thomas Alfa Edison)..."Kok kamu bisa berpandangan luas seperti itu sih?....ilmuwan itu ngejawab..."soalnya gw berdiri di atas bahu raksasa..(standing on the shoulder of giant)...
Ngedenger Dorodjatun ngasih pembekalan tentang WTO...pikiran gw langsung lari ke istilah itu. Gw terkesan aja sama uraian dia tentang perekonomian nasional. Kayanya dia punya wawasan yang luas tentang perekonomian internasional, jadi sedikit banyak dia bisa 'melihat' perekonomian nasional dari beberapa sisi, sisi keuangannya, sisi ekonomi sektor riil, sisi negosiasi ekonomi, sama infrastruktur ekonomi.
Dia banyak ngomong soal perbaikan ekonomi nasional, soal penurunan ekonomi global...pokoknya hal-hal yang ngebuat gw berpikir...."ada juga ya orang Indonesia kaya begini"
Cuman yang jadi masalah adalah....omongan dia terlalu nge-lead*....gw jadi agak bingung mau mulai dari mana nulis beritanya....tapi gw sedikit bersyukur kalo ternyata perekonomian nasional dikoordinir sama orang kaya dia...moga-moga aja pelaku ekonomi di seluruh tataran bisa ngedukung dia dengan tidak melakukan penyelewengan-penyelewengan....
Gw sempet keingetan dulu waktu tim ekonomi baru dilantik...ada yang ngomong begini...tim ekonomi itu bisa-nya hanya teori aja, nggak kenal praktek....Misalnya ada suatu kolam yang lebarnya 2 meter dan seekor katak yang bisa melompat sejauh 5 cm tiap kali ngelompat...kalo tim ekonomi itu ditanya: berapa lompatan yang dibutuhkan untuk menyebrangi kolam itu? Mereka pasti ngejawab 40 kali lompatan...Padahal jawabannya hanya dua kali....satu kali buat nyemplung ke kolam dan satu lagi buat keluar dari kolam.....
---------------------------------------------------------------
*nge-lead: kadang-kadang buat jurnalis yang gw kenal ada istilah..."omongannya tuh nggak nge-lead" itu kita pake ke narasumber yang susah ditangkep inti dari omongannnya....maka dari itu kita agak bingung..."berita gw nanti sudut pandang-nya mau ngambil yang mana ya?"

No comments: