Saturday, August 09, 2003

Salah satu kelebihan kerja sebagai jurnalis adalah: hampir setiap hari kita ketemu orang yang berbeda, dan itu bisa berasal dari berbagai strata masyarakat. Mulai dari pedagang di pasar, atau mungkin menteri.
Gw ngerasa beruntung dalam minggu ini ketemu dua 'pendekar' ekonomi...kenapa pendekar?...soalnya biar keren aja ....
Setelah ketemu Kuntjorodjakti...dua hari kemudian gw ketemu Kwik Kian Gie...
Berbeda dengan Kuntjorodjakti yang memang udah lama berkecimpung di dunia birokrasi...(dalam artian pemerintahan)...Kwik Kian Gie kayanya masih agak-agak canggung kalo berbicara di depan orang banyak....pidatonya sambil baca teks....
Meskipun demikan adanya....dia masih aja ramah ngejawab pertanyaan reporter yang ngerubungin dia....
Kesan gw waktu ikut nge-wawancara-in dia adalah...dia kebapakan banget....cool...dengan sabarnya dia ngelayanin pertanyaan gw (temen-temen yang laen nggak ikut ngeburu dia sampe mobilnya) sambil jalan dari ruangan ke mobilnya....dan pertanyaan yang dia jawab melebar banget...dalam artian nggak hanya satu isu yang dia jawab...tapi berbagai macam isu bisa di-handle sama dia. Sayang banget gw nggak terlalu mendalami ekonomi makro...kalo gw ngedalemin gw pasti minta ikut dia di mobilnya buat wawancara eksklusif...
Respek gw ke dia semakin nambah aja....
Tapi sayangnya....salah satu kelemahan dia adalah: dia bisa ikut birokrasi karena punya dukungan politis...terlepas bahwa memang mungkin dia berkompeten memegang jabatan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional....cuman dia nggak bisa maen politik.
Di negara yang baru belajar demokrasi seperti di Indonesia, sedikit banyak, politik mempunyai peranan yang penting pada seluruh sektor....pernah dengar ada tukang becak yang bisa jadi anggota DPRD?....mungkin tragisnya seperti itu.
Udah jadi rahasia umum kalo beberapa pernyataan Kwik Kian Gie ngebuat gerah beberapa partai politik maupun di dalam pemerintahannya sendiri. Seperti pernyataan dia terakhir tentang pengadaan barang dan jasa di institusi pemerintah yang menjadi lahan memadai untuk ber-KKN...total alokasi dana buat program itu mencapai Rp150 trilun .....baik di tingkat pusat maupun di daerah...banyak banget kan? dan sebagian besar itu dikorup sama oknum pemerintah...padahal dia sendiri di pemerintahan kan?
Jadi Pak Kwik Kian Gie...(kalo Anda sempat membaca posting ini)....saya sarankan Anda belajar politik....tidak harus mendalaminya, hanya memahami saja...karena seperti yang pernah dibilang John F Kennedy...Politik itu kotor...
Rasanya sayang banget kalo di Pemilu mendatang Anda tidak bisa menjabat lagi pada posisi Anda sekarang, karena kemungkinan besar beberapa program pemberdayaan pembangunan nasional yang sudah Anda susun akan dirombak kembali....

No comments: