Saturday, September 13, 2003



!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Nggak tau kenapa dini hari itu gw kebangun dari tidur gw dengan tiba-tiba. Gw masih belon konek ketika ngedenger sesuatu yang agak beda di luar.
“Ya Amplop…..ujan…syukur deh.”
Beberapa hari ini emang di daerah gw masih gersang banget…berbeda dengan beberapa daerah lainnya di Jakarta yang udah mulai ujan.
Mmmmmmmm….nyaman banget deh…diluar ujan, sementara situasi dan kondisi masih memungkinkan gw buat meringkuk di kasur tipis gw….walaupun tanpa ditemani selimut. Kayanya asik juga kalo ditemani selimut…apalagi yang idup…
GUBRAK!!!!
Buset deh apa lagi tuh? Gw baru nyadar ternyata angin sama ujan di luar lumayan gede sehingga ngebanting pintu kamar mandi yang ringan banget karena dibuat dari bahan semacam seng stanless….kayanya ada yang lupa ngeganjel pintu kamar mandi deh, dan kayanya itu yang ngebuat gw kebangun dari tidur gw. Gw coba cuek aja, berharap ada temen-temen kos laen yang mau ngeganjel kamar mandi…
GUBRAK!!!!!!
………….
GUBRAK!!!!!!
………….
GUBRAK!!!!!!
Buset deh…pada kemana ya anak-anak? Gw baru nyadar kalo dari sepuluh kamar yang ada di kos-kosan gw hanya tiga yang ada orangnya….akhirnya dengan males-malesan gw keluar kamar gw, ke kamar mandi, terus ngeganjel pintunya sambil ngejalanin hajat yang nggak gw niatin…….
Udah deh..gw balik lagi ke kasur gw yang nyaman, tapi berhubung dengan badan gw udah banyak bergerak….gw udah mulai susah tidur lagi…
Gw mikir-mikir lagi…kok udah bisa ujan ya? Pantesan banget gw tadi malem mood-nya lagi jelek banget…cabut dari kantor sekitar jam 19.00, padahal biasanya jam 20.00-an. Mungkin mood gw yang lagi fluktuatif itu bisa jadi pertanda mau datangnya ujan.
Beberapa makhluk hidup emang bisa dijadi-in pertanda untuk memperkirakan cuaca. Orang-orang jaman dulu berhasil menyiasati keterbatasan teknologi untuk membaca gejala-gejala alam.
Misalnya aja kalau di daerah barat, biasanya pada musim-musim tertentu akan diawali dengan migrasi burung-burung ke daerah-daerah yang mempunyai suhu lebih panas. Orang-orang dulu yang ngeliat ini bisa langsung ngambil kesimpulan di daerahnya udah mulai memasuki musim tertentu. Dan itu mungkin ada hubungannya dengan masa tanam atau kegiatan lainnya.
Salah satu hal yang gw inget adalah tentang tikus. Dulu kalau ada tikus-tikus yang berlarian nggak tentu arah di sebuah kapal yang sedang berlayar, maka para awak harus nyiapin dirinya karena akan ada badai yang cukup dahsyat.
Lainnya halnya kalo di darat, tikus-tikus yang berlarian nggak tentu arah menandakan akan adanya gempa bumi.
Dan emang setelah dilakukan penelitian, sebelum ada badai atau gempa bumi di suatu daerah, salah satu zat kimiawi yang ada di alam akan meningkat secara signifikan di daerah yang bersangkutan. Dan ini hanya akan mempengaruhi beberapa makhluk hidup tertentu yang memang mempunyai sensifitas cukup tinggi terhadap zat itu, seperti tikus tadi.
Alam memang menyediakan segala sesuatu buat manusia, hanya tinggal kita yang bisa memelihara alam ini. Jangan dirusakin ya…..

No comments: