Sunday, November 30, 2003

hari ini, pertama pas gw ke kantor, hal yang pertama-tama terlintas di benak gw waktu masih di lobby kantor adalah:...Eh kantor gw masih di lantai 6 nggak ya?.......
Kelamaan liburan nih...seminggu lebih sehari. Padahal selalu pas lagi ngejalanin liburan di bandung, gw segen banget balik ke jakarta buat kerja...liburannya masih kurang nih....kalo bisa sih nggak usah kerja malahan... padahal kan nggak bisa gitu ya.
Dulu pas gw masih kecil...gw sempet terkagum-kagum sama ritme kerja sama bokap gw. Pasalnya begini: bokap gw dosen, jadi dulu pas masih dosen junior mungkin blon banyak kuliah yang harus diajarin, jadi berangkat kerjanya agak-agak nyantai. Malahan ada beberapa hari yang bokap gw ke kampusnya siang banget, sementara jadwal pulangnya hampir selalu jam 16:00...
jadi gw pernah nyeletuk begini: "Ah nanti kalo udah gede kerja-annya pengen kaya papah aja ah, bisa bebas buat nggak masuk kantor..."
parah banget
soalnya emang dulu jadwal ngajar bokap gw masih sedikit kan...beda banget sama sekarang.
Kalo dipikir-pikir, kerjaan gw sekarang sebenernya juga bisa nyantai banget...tapi bisa juga ribet banget.
Nyantainya adalah, kerjaan gw sekarang berbeda sama kerja kantoran yang terikat sama jam kerja...masuk kantor sekitar jam 0900...pulang jam 1600. Sedangkan kerja gw sekarang tidak terikat dengan jam kerja. Maksudnya gw, gw bisa aja cuman sejam dikantor, tapi udah harus memenuhin kewajiban gw yaitu nyetor berita. Minimal dua kali sehari dan sekitar lima hari seminggu.
Berhubung sekarang gw ditaro di rubrikasi yang space halamannya cuman satu halaman, dan banyak juga kontribusi dari daerah, walhasil kadang-kadang nyetor satu berita dan nyiapin info sekilas doang....
Trus ribetnya adalah: yaa...sebenernya kerjaan jurnalis adalah pekerjaan yang menuntut kesigapan 24 jam sehari.
Gw harus siap untuk ngasih kontribusi follow up kalo misalnya ada temen yang butuh konfirmasi berita, dan rata-rata itu kejadiannya malem, setelah semua temen-temen pulang ke kantor dan ngelapor ke redakturnya tentang informasi yang butuh follow up itu...
tapi itu nggak seberapa
Udah beberapa kali gw dapet undangan mendadak keluar kota, dan ampir setiap kali itu adalah liputan yang "mem-bt-kan"...sehari pulang pergi luar kota, info minim, dan datang ke kantor masih harus kerja dengan energi yang minimalis...
Yaa...itu deh resiko kerja-an...masing-masing ada enak dan nggak enaknya.
Dan kalo ditanya apakah gw suka sama kerjaan yang sekarang ini? Yap...gw suka, tapi itu nggak menutup kemungkinan buat gw untuk kerja di sektor laen. Sekarang gw lagi pengen buat kerja di sektor periklanan. Tadinya mau belajar buat jadi planner-nya atau mungkin istilahnya tim kreatif ya?...yang ngerancang iklan bersama-sama sebuah tim...tapi setelah gw tau kalo kerjaan itu membutuhkan kepiawaian untuk program desain grafis...kayanya gw mau belajar corel draw dulu deh.
Tapi jadi scriptwriter juga boljug, dan berhubung ampir tiap hari gw berkutat dengan pengolahan kata, kayanya gw bakalan bisa lebih beradaptasi sama kerjaan itu.
Selain itu, jadi EO juga boljug. Kadang-kadang gw menikmati operasional persiapan sebelum penggelaran event...stress-nya, ngatur orangnya, penyediaan infrastruktur sama sarananya...pokoknya semuanya.
Jadi...ada yang berminat nge-hire gw nggak nih?....

No comments: