Tuesday, November 18, 2003

percaya atau nggak...sekitar 75% taksi blue bird yang gw naek-in sopirnya pasti ngantuk. Mungkin orang laen punya persentase yang lebih kecil dari itu, tapi nggak tau kenapa, kalo buat gw persentasenya sekitar segituan.
Dan yang lebih aneh lagi ada...mayoritas yang 75% itu terjadi di siang hari, bukan di malem hari.
Mungkin buat orang yang bisa bawa kendaraan gampang banget ngebeda-in suasana mobil yang dibawa sama orang ngantuk. Tapi buat orang yang blon bisa, mungkin agak-agak susah ngebeda-innya...tau tau BRAK....taksi yang kita tumpangin udah nabrak mobil laen.
Kalo buat gw, pertama kali nyadar sopir taksi itu ngantuk dari cara jalannya...
Misalnya akselerasinya yang berfluktuasi dengan agak-agak drastis (perubahannya nggak smooth), arah kendaraan yang juga nggak konstan atau yang paling gampang...kepalanya yang sering ngangguk-ngangguk (padahal kan nggak lagi ngedengerin orang ngomong...)
Kalo udah gitu, gw lirik aja tampang sopir taksi itu dari spion dalem. Pernah merhati-in nggak kalo arah kaca spion dalem itu selalu menampilkan wajah sopir taksi kalo kita ngeliat ke spion dalem itu. Itu emang diatur sama sopir taksi tadi, jadi kalo kita bisa ngeliat tampang dia, dia juga bisa ngeliat tampang kita.
Kadang-kadang, kalo misalnya perjalanan kita masih jauh, gw ajak ngobrol ngalor ngidul aja sopir taksi itu, biar nggak terlalu kerasa ngantuknya. Tapi kalo jarak tempuhnya tinggal sedikit lagi dan gw lagi males ngomong...yah tinggal banyak-banyak berdoa'a aja gw.
Kaya tadi pagi, dari Ratu Plaza mau ke Slipi Jaya....pas abis lampu merah slipi, gw baru ngeh kalo sopir taksi gw lagi ngantuk....udah deh gw berdoa berharap taksi ini nggak nabrak-nabrak sebelum nyampe kantor sambil liat kanan kiri merhati-in lalu lintas.
Walhasil gw dengan selamat sentausa nyampe kantor...tapi apa yang terjadi...?
Gw pikir sopir itu langsung istirahat di deket Halte Rumah Sakit...ternyata taksi itu langsung narik penumpang lagi.
Gw nggak tega juga...sama penumpang (mungkin dia lagi butuh cepet) dan sama supir taksinya (dia lagi ngejar setoran kan?)...
moga-moga selamet aja deh

No comments: