Monday, September 27, 2004

Sebenarnya, tiap manusia itu minimal punya berapa kepribadian ya?
Satu? Dua? Tiga? Atau malah lebih? Saya jadi teringat sebuah buku yang sudah lama ingin saya baca: "Cybill". Saya baru baca ringkasannya saja.
Buku itu menceritakan perjuangan seorang psikolog (atau psikiater ya?) untuk menyembuhkan Cybill yang punya 12 kepribadian, dan katanya ini adalah kisah nyata.
Ada dua hal yang mengusik saya; pertama adalah 'menyembuhkan'. Memangnya kenapa kalau seseorang punya 12 kepribadian? Maksudnya, selama 12 kepribadian itu tidak mengganggu kehidupan orang lain, nggak jadi masalah kan? Malah mungkin bisa jadi berguna kalau 12 kepribadian itu bisa disinergikan.
Kedua adalah: 12 KEPRIBADIAN! Saya jadi penasaran, jiwa Cybill apa nggak lelah ya? Trus kok bisa? Datangnya dari mana aja ya? Trauma? 'Kesambet'? Disantet? Atau kenapa ya?
Bagaimanapun juga, kadang-kadang saya pernah ingin merasakan mempunyai 'kepribadian' yang lain. Jadi kalau sudah merasa bosan 'menggunakan' 'kepribadian' yang satu, bisa diganti dengan 'kepribadian' yang lain. Mungkin rasanya seperti mengganti potongan rambut kali ya?
Nggak sesederhana itu sih. Mungkin dengan 'kepribadian' lain saya punya pandangan yang berbeda tentang segala hal.
..
..
..
Atau juga, mungkin saya sudah terlalu lama tidak berkomunikasi dengan diri saya sendiri (dengan menulis di blog...mungkin) sehingga keinginan untuk punya 'kepribadian' lain jadi besar.
Mungkin sekarang sudah waktunya lagi 'menjenguk' diri saya sendiri.
(kok banyak kata 'mungkin' ya?)

1 comment:

healthy life Style said...

mas saya menawarkan untuk tukeran link di blog saya http://twistedheartsf.info

silahkan hub email saya admin@wayan.web.id atau dengan memberikan komen di blo saya jika anda tertarik.
terimakasih