Friday, June 02, 2006

Pancasila ?

Saya sekarang tidak hapal pancasila.
Coba ya
Kesatu: Ketuhanan Yang Maha Esa
Kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab
Ketiga: Persatuan Indonesia
Keempat: Kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyaratan perwakilan (ini setelah saya mencoba menggali ingatan, dan termenung sekitar dua menit)
Kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Ada yang mau mengoreksi?
Silahkan...
Mungkin ini juga yang harus dilakukan terhadap Pancasila sekarang ini, KOREKSI.
Bukan koreksi pada lima sila tadi, dan bukan pula koreksi pada butir-butir P4 (Pedoman Penghayatan Pada Pancasila ... ini boleh juga dikoreksi kalau salah kepanjangannya).
Pancasila itu bagus, cuma sayangnya tingkat kebagusan itu masih ada dalam taraf ide saja, bukan pada taraf pelaksanaan.
Coba deh renungkan lagi, kalo memang Pancasila benar-benar diterapkan di Indonesia, mungkin kita bisa menjadi sebuah negara yang bermartabat. Bukan seperti sekarang ini, terkenal karena birokrasinya yang berbelit, tingkat korupsi yang menjulang, budaya yang semakin merapuh... masih banyak lagi.
Koreksi yang dibutuhkan oleh Pancasila sekarang ini ada pada tingkat penerapan, pelaksanaan dan kenyataannya di lapangan yang sekarang ini nol besar.
Mungkin koreksi ini seharusnya dilakukan dari beberapa tahun yang lalu.
Pada saat saya masih bersekolah dulu, mulai dari SMP, SMA dan kuliah, materi penataran P4 selalu tidak lepas pada saat masa orientasi. Saya tidak tahu apakah setelah tahun 1994 kalangan perguruan tinggi masih menerapkan orientasi yang juga mencantumkan Program Penataran P4. Sepertinya tidak ya...
Tapi bahkan Program Penataran P4 tadi tidak terlalu efektif mengenalkan Pancasila. Kalau boleh saya bilang, Program Penataran P4 itu tidak lebih daripada program promosi berbagai kebijakan pemerintah orde baru. Bukan mengenalkan Pancasila secara keseluruhan.

No comments: