Thursday, June 01, 2006

Tentang Menulis

Menulis itu (kadang-kadang) bisa susah. Kalau tidak percaya, bisa tanya ke setiap penulis atau jurnalis cetak. Buat para penulis, istilah writers-block sepertinya sudah cukup diakrabi. Saat-saat dimana kemampuan menulis tidak bisa menjembatani ide yang berkembang di kepala.
Buat para jurnalis cetak, yah... permasalahan memilih lead berita sepertinya sudah jadi penyakit biasa. Pulang liputan, dapat hasil wawancara, tapi ketika ingin dituangkan menjadi sebuah berita, kadang-kadang si jurnalis agak terpekur. Memikirkan kepala berita yang cocok.
Kemarin, ketika sedang chating dengan ibu ini, saya juga tertegun ketika dia bertanya, "kamu suka nulis apa?"
...
Iya ya, saya suka nulis apa ya?
Kalau masalah kewajiban, ya hampir setiap hari saya menulis berita. Tapi masalah suka atau tidak suka, itu sepertinya lain.
Menulis di blog? Yah kurang lebih ini sih sebuah jurnal, cerita kehidupan, pandangan pribadi, yang bisa jadi hanya sarana pengungkapan perasaan...deuuu.
Tapi sebenernya, salah satu tujuan saya punya blog adalah; saya ingin kemampuan menulis saya tidak terpaku kepada kemampuan menulis berita semata. Ini bukan berarti saya penulis berita yang baik lho, saya hanya ingin punya media selain tempat kerja saya bekerja untuk bisa menulis sesuka hati saya. Tanpa harus memperhatikan tenggat waktu, tanpa harus memperhatikan kaidah penulis; piramida terbalik, 5W+1H, pemilihan kalimat aktif-pasif dan tetek bengek lainnya.
Saya ingin mengembangkan kemampuan menulis saya lewat media blog.
Dan kalau diperhatikan, cukup banyak blog-blog yang menurut saya mempunyai nilai tambah dari sisi penulisan. Dan gaya penulisan blog-blog itu tidak monoton, ada yang romantis, ada yang runut, ada yang abstrak, tapi tetap saja semuanya menarik untuk dibaca.

No comments: