Monday, January 29, 2007

Perselisihan


Ini tentang adu argumentasi. Email-email panjang lebar yang dibahas dalam beberapa milis. Tentang kebijakan perusahaan. Tentang komunikasi antar individu. Tentang profesionalisme kerja.
Ini tentang perselisihan dua orang teman lama.
Iya teman lama, teman dari tempat kerja pertama saya.
Duh... miris rasanya melihat email yang beredar di beberapa milis tentang perselisihan ini. Seharusnya nggak seperti ini. Atau memang seharusnya seperti ini? Nggak tau juga. Sepertinya masing-masing pihak punya dua sisi pada saat yang bersamaan: benar dan salah.
What would you do if you were me?
Saya bingung aja. Karena menurut saya ini seharusnya nggak terjadi. Saya ingat benar dua orang itu. Mereka teman saya belajar jurnalistik di tempat kerja saya yang dahulu itu. Meskipun saya terhitung orang yang paling dulu masuk ke sana, tapi saya harus akui salah satu diantara mereka punya hal yang lebih 'banyak kadarnya' daripada yang saya punya untuk menjadi seorang jurnalis: keukeuh. Belum lagi stamina jurnalistik mereka yang juga ada di atas kadar saya.
Saya tahu untuk mengatasi hal ini, memperbaiki hubungan yang sekarang renggang; rasa-rasanya perlu pengorbanan dari dua orang itu. Tapi mungkin agak susah juga. Yang satu keukeuh, yang satu nggak bisa berbuat banyak. Mungkin ada benernya juga ya: Kita nggak bisa membuat semua orang bahagia.



note: image was taken from corbis with keyword: argue

No comments: