Tuesday, January 16, 2007

There Is No Spoon


Tadi malam, Indosiar menyiarkan salah satu film favorit saya: The Matrix. Kenapa saya suka film ini? Soalnya A Nunu yang main (halah...)
Nggak deng, saya suka ini film karena pertama, ini film action dengan (kedua) ide cerita yang nggak seperti biasa dengan (ketiga) dialog-dialog dan penggambaran simbolis dari keterbatasan kita sebagai manusia. Mmmmm actually I'm a little bit doubt about symbolis things....
Anyway
Tadi malam di tempat cuci mobil di daerah Kalimalang saya melihat sekilas film ini. Padahal hari minggu-nya saya nonton lagi VCD-nya untuk kesekian kalinya.
("Ade nggak pernah nonton film ini lho"
....
"Eh Ade nggak pernah beres film nonton ini deng"
"Iya, soalnya ketiduran mulu....")

Seperti layaknya film-film yang diputer di di siaran televisi, tentunya Indosiar melakuan pemotongan beberapa scene (dibela-belain dipotong untuk kepentingan komersial kali ya...). Dan menurut saya, pemotongan scene yang dilakukan oleh Indosiar kemarin terhadap The Matrix cukup menganggu, karena scene yang dipotong punya peranan yang penting dalam alur cerita Matrix secara keseluruhan.
Scene yang dipotong adalah scene pertemuan pertama kali Neo dengan Oracle. Dipotong tong satu scene itu.
Kenapa penting? Karena pertemuan dengan Oracle itu Neo dikasih pilihan untuk menjalani hidupnya sebagai The One atau tidak. Itu yang pertama. Yang kedua dan yang lebih penting lagi adalah: There is no spoon.
There is no spoon, itu diucapkan oleh seorang anak kecil berdandan ala rahib untuk menasehati Neo mengenai keterbatasan dalam Matrix, ketika anak kecil itu membengkokan sebuah sendok hanya dengan pandangan matanya. Untuk kemudian dicoba dituruti oleh Neo.
Beberapa penggemar Matrix bahkan menjadikan ungkapan "There is no spoon" sebagai salah satu pelajaran filsafat tentang kehidupan. Tentang bagaimana manusia harus bisa mengalahkan semua hambatan. Tentang bagaimana manusia harus berjuang.
Sama seperti frasa "Eternal sunshine of the spotless mind", "there is no spoon" jadi salah satu frasa favorit saya. Semoga bukan sebatas frasa aja.





Note:
sumber gambar atas:
http://www.mandragon.be/art/full/200408241100_spoonAFSS.jpg
sumber gambar bawah:
http://spoonfilm.com/images/nospoon2.jpg

No comments: