Tuesday, June 26, 2007

strange....

Aneh rasanya,
aneh rasanya kalau mengingat hampir satu tahun yang lalu saya akhirnya memutuskan pindah ke pabrik yang baru sekarang.
Beberapa hari ini terakhir ini, saya mencoba menggali ingatan-ingatan panca indera saya tentang kesan pertama ketika saya menginjakkan kaki di pabrik yang sekarang. Suasana kantor yang rumahan, bau ruangan yang khas, sofa hitam di tengah ruangan, air mancur di halaman depan, orang yang muncul dari balik pintu depan, suara dari balkon atas....
Semuanya.
Pindah dari pabrik yang besar dan megah ke pabrik kecil yang strategis, membuat saya banyak belajar. Kepindahan memang sering memaksa kita untuk belajar dan beradaptasi.
Sekarang saya mencoba mengingat-ingat lagi kenapa alasan saya pindah: kenyamanan bekerja setelah tujuh tahun menjadi buruh sehingga khawatir saya menjadi 'tumpul'? Mungkin itu jawaban intinya. Tempat yang baru ini menawarkan segala hal untuk dipelajari, mulai dari cara berbicara sampai cara berpikir.
Hampir setahun di tempat ini membuat saya berpikir: kemane aje gue?
Masih banyak hal yang seharusnya saya bisa pelajari, tapi ternyata tidak. Satu hal yang pelajari disini adalah tentang konsep belajar itu sendiri. Kegiatan 'belajar', bukan sekedar kegiatan pasif yang sifatnya menerima, kita bisa belajar sesuatu dengan 'memberi', kegiatan yang sifatnya aktif. Menjadi guru bukan berarti berhenti belajar, kamu bisa belajar menjadi 'guru', dengan begitu kamu memasuki tahapan baru dalam belajar. Kurang lebih itu kata Biksu Kepala ke Chinmi waktu Chinmi diangkat jadi pengajar di Kuil Dairin.
apart from that
saya kangen dengan kerja-an saya yang dulu. Kangen dengan orang-orangnya, suasana kantornya, 'kenyamanannya', gedungnya, kebiasan-kebiasannya....
Mungkin saya harus menyadari bahwa hidup saya ini tidak lebih dari proses pasang surut.
.....
other thing is....I hate being 'in process'....
oh no.

4 comments:

atta said...

eh jangan cuma nelepon kalo ngundang aja dong, seperti PR-PR saja. hihihihi

ayo bertemu dan berbagi pengalaman baru apa sajakah yang kau temui setahun ini?

hanny said...

bertahanlaaaaah ... jangan menyerah, kita semua bergulat dengan berbagai kesulitan dan ketidaknyamanan setiap hari :) mungkin begitulah rasanya meninggalkan comfort zone ... ciayoooo! :) *ting ting*

hera said...

once a journalist, always a journalist, eh rom? :)

am having the exact same anxiety. sigh..

Anonymous said...

@ Atta
ayo siapa yang sibuk terus tuh...

@hanny
thanks han, iya gw juga lagi berupaya nih hehehe

@hera
hehehe, are you planning to leave this 'house' hera?

(roi)