Tuesday, September 18, 2007

Games On Line

Dulu saya penggemar game on-line. Games on-line pertama saya Kurusetra, lalu Utopia, dan yang terakhir adalah The Mafia.
Rata-rata, genre games ketiga games on line itu sama: berbau-bau Role Playing Game dan Strategi.
Di Kurusetra dan Utopia misalnya, kita dikasih modal untuk membentuk sebuah kerajaan, mengorganisir kerajaan itu, mengelola angkatan perang, dan melakukan invasi atau peperangan. Setiap keberhasilan bakalan dianugerahi luas wilayah dan setiap kegagalan, kita akan kehilangan wilayah kita. Di Kurusetra, ukuran wilayah kerajaan diukur dalam depa, sedangkan di Utopia dalam acre.
Saya lebih suka Kurusetra, karena lebih kompleks permainannya, dan terlebih Kurusetra lebih time-friendly daripada games on line yang lain. Time friendly karena mayoritas pemainnya berada di Indonesia. Kalau Utopia dan The Mafia Boss levelnya internasional banget, kita harus menyesuaikan jam tidur kita dengan sesama rekan satu tim, yang notabene, rekan tim yang lain punya jam tidur yang jauh berbeda.
The Mafia Boss lebih simpel dan lebih gampang dimainkan.
Sekarang, sepertinya yang lagi ngetop adalah Second Life, mungkin dari dua tahun yang lalu udah ngetop ya...
Di Second Life, para pemain dimungkinkan untuk melakukan interaksi virtual dalam bentuk 3 dimensi hampir seperti interaksi di dunia nyata. Ini jadi salah satu penyebab kenapa beberapa perusahaan menghadirkan bentuk virtualnya di Second Life. Alasan-alasan lainnya bisa dilihat disini.
Daftar perusahaan yang sudah 'hadir' di Second Life bisa dilihat disini.
Sayangnya, karena keunggulannya itu (interaksi virtual 3-D) Second Life belum bisa dinikmati oleh banyak orang di Indonesia. Membutuhkan koneksi internet yang besar dan cepat untuk menikmati Second Life, sementara itu belum tersedia disini. Gegerejedan kalo orang sunda bilang, hehehe.
Tapi hari ini saya dapet kabar buruk tentang Second Life, bahwa Second Life ternyata di-hack, 5 juta account anggota Second Life terancam diobok-obok. Tahun lalu, BBC juga sempat memberitakan tentang serangan worm terhadap Second Life.
Yah, semakin tinggi pohon, semakin banyak guncangannya ya.

No comments: