Thursday, October 18, 2007

Lapurnya Liburan Lebaran

Menjelang lebaran kali ini, kami sekeluarga dilanda sakit. Pertama-tama Putri Jail yang kena sakit, awalnya dia muntah-muntah disertai demam. Saya dan partner dikabari dari rumah sehabis tarawih di masjid di bilangan menteng.
Niatan awal untuk menjajal lagi jajanan di kawasan menten terpaksa dibuang jauh-jauh, dengan perut yang masih setengah lapar karena hanya sempat tajil doang, saya memburu mobil biar cepat sampai di rumah.
Sesampainya di rumah, Putri Jail sudah terlelap. Seharian dia rewel katanya, sempat muntah-muntah di pagi hari. Sore hari menjelang malam dia muntah-muntah lagi. Suhu tubuhnya juga lumayan tinggi, antara 38 sampai 39,5 derajat celcius (ada yang tahu ini berapa Fahrenheit?).
Besoknya, saya minta izin dari kantor untuk mengantar Putri Jail ke Hermina Jatinegara, konsultasi dengan dokter anak yang biasa menangani dia. Hampir seharian kami disana.
Rupanya Putri Jail kena radang (ada yang tahu apa definisi radang itu?). Radang ini menyerang pembuluh darahnya, termasuk pembuluh darah di bagian pencernaan. Rupanya ini yang membuat dia demam dan muntah-muntah.
Dua hari setelah itu, kami harus membawa Putri Jail ke Hermina lagi. Meskipun demam sudah relatif menurun dan muntah-muntahnya sudah berkurang, Putri Jail sering sekali BAB, yang lebih parah bentuknya cair, nggak padat.
Ternyata kata dokter yang sama, kali ini ada bakteri di dalam perut yang jadi biang keladinya. Putri Jail memang lagi suka masukin apa aja kemulutnya. Harusnya saya memotret cabikan fotokopi KTP saya yang sebagiannya disantap oleh Putri Jail, atau codetan plastik pembungkus batere handphone saya, yang sebagiannya juga ditelan oleh Putri Jail.
Duh....
Setelah Putri Jail berangsur sembuh, partner saya yang kena masalah. Dia kena gejala maag, pas sehari setelah lebaran. Mungkin dia kecapean mengurus Putri Jail sehingga telat makan.
Selanjutnya giliran saya yang kena batuk pilek. Sampai sekarang masih kerasa sih, meskipun sudah jauh berkurang.
Terakhir adalah giliran neneknya Putri Jail, yang kena masalah di perutanya. Dalam jangka waktu kurang dari 24 jam, kurang lebih dua puluh kali dia keluar masuk toilet buat BAB, cair juga seperti Putri Jail. Sempat 'menginap' di rumah sakit malah.
Tapi Alhamdulillah, sekarang semuanya (semoga) membaik.

No comments: