Monday, December 17, 2007

Marketing versi Apple

Time On-line kembali meluncurkan berita dan foto terbaik dan terpopuler mereka tahun ini dalam 'best-ten'. Kategorinya macem-macem, mulai dari berita serius, gosip dan hiburan, sampai ilmu pengetahuan.
Dan menurut saya yang paling menarik adalah berita tentang peluncuran i-phone, yang parahnya, masuk dalam kategori top ten news stories. Peluncuran i-phone ini, meskipun menduduki posisi ke sepuluh, merupakan satu-satunya berita IT yang masuk dalam kategori umum.
Ini artinya, Time menganggap peluncuran hand-phone itu cukup fenomenal. Saya setuju.
Saya sih nggak abis pikir kenapa ya Apple punya strategi marketing yang hampir selalu berhasil. Untuk kasus i-phone ini misalnya, Steve Jobs mengadakan 'soft-launching' awal Januari 2007, dan pada saat soft-launching itu dia bilang kalau I-phone itu baru beredar di pasaran enam bulan kemudian. Dan penjualannya...buset deh.
Dari sini ketauan kalau penjualan I-phone sudah mencapai satu juta unit hanya dalam waktu dua setengah bulan setelah barang itu diluncurkan.
Kasus lainnya adalah I-pod. Saya nggak tau angka penjualannya secara pasti (ada yang bisa bantu?) tapi barang itu kok ya lumayan populer? Hanya mengandalkan pemutar MP3, tapi sekarang, seperti kata teman saya, I-pod sudah bisa dianalogikan dengan 'MP3 player' di mata konsumen. Sama halnya kata 'Aqua' untuk air minum mineral.
Saya penasaran, what is their next step?

Up-date: ternyata, Time memilih i-Phone dalam urutan pertama 10 best gadget versi mereka.

No comments: