Friday, November 28, 2008

Macet di Jakarta


Buat saya, yang namanya macet di Jakarta itu seperti karet: amat sangat fleksibel dalam kondisi tertentu.
Jadi saya termasuk orang yang menentang keputusan Pemprov DKI Jakarta yang akan memajukan jam masuk sekolah lebih awal mulai tahun depan. 06:30. Jam berapa anak-anak sekolah itu harus bangun tidur?
Mempercepat jam waktu masuk anak sekolah buat saya langkah yang absurd. Ini sama artinya memperpanjang periode macet di jalanan Jakarta. Dari yang tadinya mulai macet sekitar jam tujuh (merujuk ke waktu dimulainya 3-1) sampai sekitar jam 10, menjadi dari jam 06:00 pagi sampai sekitar jam 10.
Mungkin bapak-bapak di Pemprov DKI Jakarta lupa bahwa anak-anak sekolah masih mengandalkan angkutan pribadi untuk pergi ke sekolah. Jadi sebenarnya menurut saya harus dilakukan oleh Pemprov DKI ya membenahi sarana angkutan umum.
Dan bukan dengan penambahan perusahaan daerah seperti TransJakarta yang hanya menguntungkan segelintir pemegang saham (secara tidak langsung) dan sebagian warga jakarta lainnya (secara langsung).
Dekati dong itu yang namanya Kopaja, Koparmitra, atau koperasi-koperasi angkutan Jakarta lain. Sediakan subsidi pengadaan kendaraan untuk mereka, perbaikan fungsi terminal, atau yang lainnya.
Duh...our stupid government....

Image from: gettyimage

No comments: