Friday, October 30, 2009

Menulis


Saya selalu ingat kata-kata Pramudya, seorang penulis besar,: menulis adalah pekerjaan sejarah.
Dengan pikiran itu, saya dulu memulai blog ini.
Dulu memang agak gampang, pekerjaan saya adalah wartawan, yang sebagian besar memang menulis.
Malah, saya sempat membuat blog yang isinya adalah info-info terselubung yang nggak bisa muncul di koran, atau info-info yang hilang saat di-edit redaktur.
Tapi seiring dengan berubahnya pekerjaan: menjadi konsultan, saya jadi merasa kesulitan untuk menumpahkan ide lewat tulisan.
Kembali lagi ke menulis.
Buat saya, menulis adalah salah satu cara yang paling efisien dan mutakhir untuk mengkomunikasikan ide-ide kita, bagaimana kita menerangkan ide kita ke orang lain.
Berbeda dengan berbicara,saat kita menulis, kita bisa melakukan perbaikan (di-edit) sebelum kita menyampaikan pesan kita ke orang lain. Sedangkan komunikasi verbal atau berbicara, rasa-rasanya tidak mempunyai kemewahan itu. Salah berbicara, maka orang yang mendengar salah paham.
Jadi begitulah, saya memulai blog ini dengan tujuan ingin menulis lebih luas lagi, bukan hanya menulis untuk berita di koran.
Rasa-rasanya, banyak sekali ide-ide penulisan untuk di-share di blog ini. Hanya saja saya merasa ruang lingkupnya kecil, saya terlalu malas untuk melakukan pengkajian lebih dalam, minimal lewat browsing di internet, atau diskusi dengan partner.
Mungkin hal ini yang membuat saya lebih suka membuka account Facebook atau Twitter. Up-date status disana nggak perlu panjang-panjang. Cukup dua atau tiga kalimat (itu juga mungkin kepanjangan...)
Atau mungkin saya bisa posting yang pendek-pendek aja ya?

No comments: