Monday, May 02, 2011

Boot Camp Training

"Thank you for showing me the dark side of account management Long." Nama lengkapnya Long Yun Siang, dari Refine-Path, konsultan yang disewa oleh kantor saya untuk memberikan pelatihan tentang account management akhir pekan lalu.
Trainingnya berlangsung dua hari: Jumat dan Sabtu. Selama dua hari itu kami tidak boleh berinteraksi dengan perangkat komunikasi (idealnya, tapi ada beberapa yang bandel yang sempet curi-curi cek email atau BBM di sela-sela istirahat).
Pelatihannya sendiri disebut Boot Camp Training: istilah yang digunakan untuk menggambarkan pelatihan yang cukup berat - saking beratnya ada account director yang pingsan di toilet pas istirahat siang (setelah diteliti, ternyata malam sebelumnya dia nggak tidur karena ada deadline dari klien dan paginya minum Kratingdaeng dan Kopi....kombinasi yang menakjubkan bukan? tinggal ditambah Johnnie Walker tuh). Tapi Long sendiri bilang Boot Camp Training yang asli beratnya itu tiga kali lipat daripada training kemarin. Padahal saya bilang ke partner saya di rumah waktu pas malam Sabtu: "Now I understand why I do not want to pursue my master degree - males banget ngerjain tugasnya..."
Secara keseluruhan, trainingnya menarik, dengan semua pemaparan, tugas, dan role-play game. Yang intinya gimana menangani klien dari sisi internal dan eksternal. Tapi sejujurnya, habis pelatihan ada pertanyaan besar yang muncul di benak saya: cocok nggak ya saya di industri ini?
Saya inget salah satu omongan Long: "This industry is offering you the worst job in the world but also the best job in the world."
Nah lho.

No comments: