Thursday, October 25, 2018

#jurnalharian 25

Sekarang gue lagi berada di salah satu tempat yang cukup istimewa, karena hampir sekitar 75% traffic internet di Indonesia lalu-lalang di tempat ini.
Gue gak tau namanya apa, tapi temen gue bilang tempat ini namanya IDC. Mungkin singkatannya Indonesia Data Center, Internet Data Center, gak tau deh.
Tempatnya model-model co-working gitu, khususnya di lantai tempat gue berada di sekarang. Ada ruangan luas yang isinya beberapa meja pendek, tanpa kursi. Memang didesain biar kita bisa selonjoran, tiduran. Tempat ini emang biasa beralih fungsi jadi tempat buat bermalam buat beberapa orang yang bertugas ngawasin rak-rak server.
Lantai lainnya? Dari ujung ke ujung isinya rak-rak server. P E N U H.
Menurut gue si, tempat ini udah layak menyandang predikat aset nasional. Lah tempat lalu-lalang 75% traffic internet Indonesia kok. Gimana gak?
Tapi disisi lain, kalau dikasih predikat aset nasional, tempat ini gak mungkin seperti ini: tempat yang lebih punya nuansa co-working, komunitas; yang gue rasa cukup sesuai dengan orang-orang yang suka datang kesini.
Kenapa gue disini?
Jadi ini adalah bisa dibilang salah satu proyek gue, masih dalam rangka bantu-bantu temen gue, yang punya server disini. Dia punya mimpi panjang, dan mungkin gue akan terlibat.

No comments: