Monday, October 29, 2018

#jurnalharian 29a

Kemarin, 28 Oktober 2018, mungkin adalah hari terakhir gue bisa datang ke rumah nenek gue di Cawang; keluarga besar menjual rumah itu dan prosesnya hampir selesai.
Rumah ini, menyimpan banyak kenangan buat gue: menghabiskan masa gue mulai sekolah di TK, tempat ini pula yang jadi salah satu titik awal pendewasaan gue: memulai dunia kerja di Jakarta.
Buat ibu gue dan sodara-sodaranya, rumah ini pasti meninggalkan lebih banyak kenangan daripada gue. Yah tapi life goes on. Ada awal dan ada akhir.
Apa aja ingatan gue tentang rumah nenek gue ini?
Banyak diantaranya pas gue masih TK. Gue selalu bergaul sama pekerja dan staf nenek gue yang memang dulu seorang pengusaha. Gue selalu merengek saat sarapan kalau gak ada makanan favorit gue: cumi asin atau ceplok telor. Nenek gue selalu nyuruh pembantunya buat nyiapin salah sati dari dua lauk itu buat gue sarapan.
Waktu pas renovasi rumah, gue, gak tau kenapa, suka mecahin batu-bata yang seharusya disusun buat jadi dinding atau apalah. Tapi karena batu bata nya suka gue pecahin, ya walhasil kerjaan tukang jadi suka terlambat.
Ada juga waktu pas rumah nenek gue dirampok. Rampoknya kalo gak salah 7 atau 8 orang. Gue, yang selalu tidur sama nenek gue waktu itu, tiba-tiba kebangun dan heran kok banyak orang di rumah nenek gue ya? Kebetulan waktu itu ibu gue dari Bandung lagi datang ke Jakarta buat menyambut My Oldman yang lagi tugas luar pulau. Jadi ada kakak gue juga waktu itu. Yang paling gue inget adalah, pas lagi panik-paniknya orang itu, gue malah nyelonong ke ruang makan, menghiraukan panggilan nyokap gue, karena gue haus pengen minum. Lagi nuangin air ke teko, salah satu perampok nanya ke gue: 'De, tau gak duit disimpen dimana?' - 'Gak tau' sambil minum. Para perampok berhasil kabur semua setelah sempet dipergoki sama tetangga sebelah, dan menembak para perampok. Tapi gak kena. Gue gak tau apa tetangga sebelah itu polisi atau bukan. Bekas tembakan di gedung depan selama beberapa bulan masih sempet terlihat di kusen dan kaca depan. Sedangkan rumah tetangga sebelah sekarang sudah berubah jadi dealer motor Honda.
Sekali lagi, banyak kenangan di rumah tua itu. Dan gue, sebenernya punya khayalan buat ngebeli rumah itu. Just for the shake keeping the memories. Tapi, mungkin khayalan tetap khayalan, dan memang sebaiknya rumah besar itu dijual. Biarlah gue, dan beberapa orang sesepuh serta sodara gue, tetap menyimpan kenangan itu.

No comments: