Tuesday, October 30, 2018

#jurnalharian 30

Gimana caranya nge-drop potential client:
1. Cari tahu kenapa mau ngedrop. Sejujur-jujurnya, setulus-tulusnya, sesederhana mungkin. Buat kasus gue, mungkin karena gak sreg sama si potential client. Gak apa-apa. This is your life, lo yang ngendali-in hidup lo.
2. Cek sama bos. Minimal tanya: 'hey, is it OK? gue gak sreg sih sama dia.' Cek juga sama bos untuk loading pekerjaan tim, apakah memang sebaiknya di drop atau tim masih punya energi buat ngelanjutin.
3. Cek kontrak, perjanjian, quotation, atau apalah itu namanya. Apakah memungkinkan untuk di drop? Apakah quotation sudah ditanda-tangan basah di atas materai?
4. Cek lagi, kira-kira konsekuensinya apa?
5. Meskipun alasannya personal, tapi buat pernyataan seprofesional mungkin. 'Hei sori, tapi kayanya kita gak bisa terus lanjut.' 'Kenapa?' 'Ya karena gue ngerasa kalo gue gak bisa kerja bareng sama lo.' 'lho, kok gitu?' 'Ya emang seperti itu.' 'Emang kenapa gak bisa kerja bareng sama gue.' 'Gue lebih memilih untuk mengalokasikan energi gue untuk ngerjain hal lainnya, daripada untuk memendam kekesalan setiap kali baca email lo.' 'Ah itu mah perasaan lo aja kali' 'Iya, makanya lo mendingan cari yang lain'

Kaya orang pacaran ya.
Bismillah

No comments: