Sunday, July 07, 2019

Putri Jail dan Sekolah Dasar

Nak, malam ini bundamu posting 2 foto kamu di IG, terpaut 6 tahun. 
Satu foto diambil di ruangan tengah, di depan bufet panjang. Kamu tersenyum optimis. Penuh semangat positif. Itu foto saat kamu baru masuk SD.
Foto kedua diambil bunda di tempat kamu sekolah nak. Lengkap dengan pohon rindangnya, dan gaya andalan kamu kalo difoto sekarang ini: sebelah tangan diangkat dan jari membentuk figur tertentu yang sebagiannya sedikit menutup wajah kamu. Sorot mata kamu tetap optimis. Tapi tidak ada senyum.
Apa yang terjadi Nak?
Kamu mungkin punya sejuta jawaban yang kamu dapatkan selama 6 tahun di SD. Sebegitu pahitnya kah 6 tahun di SD?
Ayah ingat waktu pertama kali survey ke SD kamu ini. Kamu pasti suka. Itu pikiran Ayah waktu itu. Dan Alhamdulillah sepertinya kamu memang suka disana: nggak terlalu banyak PR, nggak selalu dalam ruangan, tiap tahun outing.
Mungkin selama 6 tahun ini kamu belajar bahwa hidup terkadang tidak menyenangkan, banyak hal yang berjalan diluar keinginan, dan harus memendam beberapa kekecewaan.
Ayah inget waktu pengumuman NEM kemarin. Angkanya biasa saja, dan buat ayah gak apa-apa. Seharian kita main diluar, kamu kelihatan senang. Tapi malam hari pas mau tidur, kamu nangis perlahan. Ayah tau ini dari bunda.
Percaya deh, ayah sedih kalo kamu sedih.
It's OK Nak.
Menangis dan sedih juga merupakan proses belajar: mengatasi keadaan yang tidak menyenangkan dan mengelola kekecewaan.
Ayah bunda akan jaga kamu, ketika kamu jatuh.
Jangan lupa shalat dan berdoa ya nak.

No comments: