Monday, March 04, 2019

It Takes Time

Meskipun gue orang yang tidak sabaran, gue menyadari sepenuhnya kalau hampir segala sesuatu itu butuh waktu.
Terlepas bahwa di dunia digital sekarang yang semuanya serba cepat, tetep aja semuanya butuh waktu. Ini terlintas waktu beberapa BUMN keuangan bekerja sama - yang sepertinya dipaksakan - untuk meluncurkan LinkAja, platform pembayaran online.
Menurut gue, salah satu pembelajaran terbaru tentang it takes time di dunia digital adalah mataharimall.com dari Lippo Group, yang tutup buku akhir tahun lalu.
Sebagai salah satu e-commerce (dulu) di Indonesia, mataharimall.com mengklaim kalau dia adalah platform e-commerce pertama di Indonesia yang punya kapabilitas online to offline di seluruh Indonesia. Dengan perkiraan investasi sebesar US$500 juta, Lippo juga minta bantuan konsultan e-commerce global buat ngebantu mataharimall.com untuk berkembang.
Gede banget ya.
Coba bandingin sama, misalnya tokopedia atau bukalapak yang awalnya kecil, sekelas industri rumah tangga.
Gue sih ngebayangin dulu di internal Lippo nya kaya gimana ya? Punya Matahari Department Store, tapi malah buat inisiasi baru lewat mataharimall.com; kenapa MDS gak dikembangin ke online aja? Meskipun akhirnya MDS juga bergerak di online, saat mataharimall.com masih beroperasi. Sekarang, katanya mataharimall,com dilebur di matahari.com.
Trus gimana LinkAja?
Ada Ovo dan Go-Pay di ranah yang sama, mungkin sepertinya agak sulit, apalagi ada gengsi masing-masing BUMN. Semoga aja bisa lebih survive.
Jadi sebenernya tulisan ini gue buat untuk ingetin gue, biar gue bisa lebih sabar, lebih bisa menikmati saat ini: karena semuanya butuh waktu.

No comments: