Thursday, April 25, 2024

Social Network (2010)

Nonton lagi film ini, Social Netwok, yang dipublish hampir 14 tahun yang lalu.

Cerita awal para pendiri Facebook.

Bagian awal film ini membuat gue sadar bahwa betapa pentingnya menulis - ini sebabnya gue langsung nulis lagi di blog ini -.

Kalau aja Mark gak punya blog, gak terbiasa nulis di blog nya, tentang segala sesuatu hal yang mungkin tampak remeh temeh; mungkin jalan cerita Facebook bisa berbeda dengan cerita Facebook yang sekarang.

Jangan dulu berangan-angan menyerupai ungkapannya Pram yang bilang adalah menulis adalah pekerjaan sejarah, pahami saja dulu bahwa dengan menulis kita melihat dan memetakan alur jalan pikiran kita, bagaimana pikiran kita berupaya merunut tahapan yang jelas untuk menyampaikan sebuah ide atau informasi.

Sering banget banyak thread di Twitter/X yang membuat gue pusing bacanya; dan mikir: ini dia gimana nulisnya ya, kok bisa berantakan banget.

But then again, di social media, banyak strategi untuk mendapatkan viralitas dan view, dan mungkin buat sebagian orang, menulis dengan tidak teratur, jalan cerita yang berantakan, pelanggaran terhadap kaidah-kaidah menulis, merupakan salah satu strategi untuk mencapai viralitas dan view.

Semoga kita terhindar dari hal-hal seperti itu.

Amiiin.



No comments: