Saturday, August 23, 2003

Baru pulang cuti......ijin dari kantor emang hanya empat hari..dari tanggal 18 Agustus nyampe 21 Agustus...tapi gw cabut mulai tanggal 15 Agustus.......
Udah lama banget gw nunggu cuti kali ini...maklum...cuti tahunan pertama gw semenjak gw kerja di Jakarta. Gw niatin mau nyantai aja selama cuti..ngelupain kerjaan dan kantor gw....tapi nggak bisa......
Selama cuti kemaren gw cuman puter-puter di Bandung doang....ya udah lama nggak ngerasa-in nyamannya tinggal di Bandung.
Gw juga nyempetin buat maen ke tempat kerja gw dulu...sebuah radio swasta...meskipun kalo didenger di udara kedengerannya anak-anak pada sibuk...tapi kenyataannya sih nggak.......waktu kemaren pas gw maen kesana...anak-anak pada sibuk membahas calon walikota bandung yang mau dipilih bulan ini. Kayanya seorang calon yang pernah menjabat sebagai sekretaris daerah di Bandung punya kans yang lumayan kuat untuk menggantikan walikota sekarang yang juga mencalonkan kembali.
Itulah....meskipun saat ini udah banyak radio-radio berita di Bandung...tapi tetep aja tempat kerja gw yang dulu masih bisa bertahan...malah mudah-mudahan gw sangat mengharapkan bisa jadi lebih baik.....
Salah satu keunggulan yang coba ditampilkan oleh tempat kerja gw yang dulu itu adalah kedekatan dengan jaringan sumber informasi lokal...meskipun bukan berarti mengabaikan jaringan informasi nasional.
Penyiar di sana biasa menyapa sumber informasi lokal dengan sapaan akrab, Kang, Aa, atau apalah sapaan yang khas nyunda, sehingga pendengar juga ngerasa punya kedekatan dengan sumber berita.
Tapi tentu saja untuk membangun kedekatan yang seperti itu, penyiar di Radio Mara harus punya theatre-mind skill yang tinggi...bagaimana menyampaikan sesuatu dengan bahasa oral yang dekat dengan pendengar, sehingga pendengar punya visi yang sama dengan penyiar yang bersangkutan. Dan itu nggak mudah...makanya selama di sana gw belum pernah ditaro di Siaran Kata...cuman di Siaran Lagu doang...keburu kabur ke Jakarta.....selain siaran...kerjaan gw dulu di sana adalah reportase dan editor...
Gw nggak bakalan ngelupain kantor gw yang dulu itu...suasananya, ritme kerjanya, hubungan personal antar awak, pembelajaran jurnalismenya...pokoknya semuanya.

No comments: