Monday, September 08, 2003

Mirror Effect/Efek Pantulan......ada asap ada api.
Dulu waktu gw masih SMP/SMA gw sering make itu buat ngeliatin cewek cakep/lucu/manis yang kebetulan se-angkot sama gw. Jadi begini, berhubung gw orangnya pemalu, kalo ada cewek cakep/lucu/manis yang kebetulan se-angkot sama gw......gw nggak berani ngeliat langsung, tapi gw ngeceng dia melalui pantulan bayangan dia...via kaca mobil yang lewat, via spion sopir, atau via etalase pertokoan yang dilewatin sama angkot gw.
Dengan begitu.....gw bisa puas-puasin ngeliat wajah cewek cakep/lucu/manis yang kebetulan seangkot sama gw itu tanpa ketauan sama orang yang bersangkutan......
well sekali dua kali pernah ketauan sih...tapi ternyata cewek itu yang tersipu-sipu.....
Dari kegiatan itu, kadang-kadang gw mencoba ngira-ngira, kenapa ya cewek itu bisa keliatan cakep/lucu/manis? Ada yang sebagian hanya karena make-up, dan sebagian lagi emang pembawaan alami cewek itu. Kalo emang make-up...kegiatan mirror effect selesai....karena buat gw, kalo mau ngeliat cewek cakep karena di make-up, liat aja majalah cewek...modelnya kan pada cakep...
Tapi kalo ternyata itu pembawaan alami...nah itu yang sering ngebuat gw penasaran, terutama kalo cewek itu punya mata yang berbinar-binar. Kadang-kadang gw sering bertanya-tanya...kok bisa ya dia punya pancaran mata yang secerah itu? dan hal itu nggak bisa dimanipulasi sama make-up manapun.....pernah denger nggak bahwa mata adalah cerminan jiwa kita?
Itu awalnya.....
Nggak tau kenapa akhirnya gw juga menerapkan hal yang sama dalam melihat situasi di sekitar gw....hukum sebab akibat...ada asap ada api.
Seperti misalnya....kenapa juga teh botol sosro sekarang menampilkan iklan tv yang bernuansa beda...atau kenapa juga sekarang taksi-taksi sama polisi pake mobil-mobil korea?
Kenapa juga sekarang teh botol sosro iklannya berbeda? Rata-rata sekarang iklan teh botol sosro mengambil ide untuk menampilkan suara konsumen yang ada di luar jawa.
Sekarang, untuk segmen minuman teh siap saji dalam kemasan, ada pemain baru yang didukung oleh perusahaan berskala internasional. Frestea yang dikeluarin sama The Coca Cola Company.
Gw ngeliat manajemen teh botol sosro udah merasa khawatir bahwa frestea bakalan ngambil porsi pasar mereka yang selama beberapa tahun ini memegang sekitar 85% dari total penjualan minuman teh siap saji dalam kemasan.
Apalagi frestea punya back up dari the coca cola company, yang tentunya punya pengalaman banyak dalam hal pengelolaan iklan di beberapa negara.
Tapi ingat....ini Indonesia bung....dimana semua definisi-definisi internasional bisa mental.......kalo emang punya uang...segalanya bisa.
Terus kenapa juga iklannya ngambil setting di luar jawa. Gw sempet ngobrol sama salah seorang pejabat di the coca cola company yang khusus nge-handle iklan frestea. Dia ngomong kalo memang pasar di jawa sudah jenuh untuk segmen minuman teh siap saji dalam kemasan, jadi sekarang pemasaran frestea lagi difokusin di luaw jawa.
Gw nggak tau apakah teh botol sosro hanya mengandalkan iklan di media untuk menangkis serangan frestea, tapi yang gw tau, frestea tidak hanya mengandalkan iklan media aja. Pihak manajemen mereka juga berusaha mengadakan program-program yang melibatkan masyarakat banyak, misalnya penyelenggaraan lomba atau semacam itulah.
Terus gimana dengan penetrasi mobil korea? Gw nggak mau nulis banyak hanya gw bakalan ngasih tau hal-hal apa aja yang terlintas dipikiran gw waktu gw ngeliat itu........
korea, mobil, taksi, polisi, bank, lippo, investasi

No comments: