Sunday, October 26, 2003

Komunikasi kayanya punya peranan penting disegala bentuk komunitas, mulai dari komunitas terkecil yaitu keluarga, sampai dengan komunitas terbesar...dunia internasional...Diantara kedua skala itu kita bisa melihat berbagai skala komunitas seperti organisasi, pemerintahan, negara, perusahaan sama yang lainnya.
Selama liburan kemaren, gw kembali di-ingatkan bagaimana kedua ortu gw membina komunikasi...morning discussion
Waktu gw tinggal sama ortu dulu dan kamar gw masih dibawah, gw sering ngedenger ortu gw ngobrol di kamar tidur mereka waktu masih subuh...gini-gini dulu gw biasa bangun subuh loh...do the chores
Dulu gw pikir itu biasa aja...maksudnya dengan kerangka berpikir gw yang masih remaja, gw pikir wajar kalo misalnya kita ngobrol sama temen tidur kita kan? Toh gw juga kalo tidur bareng sama sepupu-sepupu gw dulu lebih suka ngobrol dari pada tidurnya...
Tapi ternyata dari rutinitas yang kelihatan sepele itu, kedua ortu gw bisa membangun keluarga yang nggak terlalu jelek-jelek amat.
Sambil berbaring di tempat tidur yang ukurannya lumayan gede mereka ngebahas berbagai hal.
Mamah gw biasanya ngobrolin kesehariannya dan anak-anaknya waktu Papah lagi kerja...arisan sama tetangga, pengajian di masjid, kebandelan gw, ribetnya ade gw, atau mungkin cerewetnya kakak gw..... Terus kadang-kadang Papah cerita kegiatan di kantor, Papah mungkin orangnya kaya gw...nggak bisa ngobrol banyak. Sesekali Papah ngasih masukan tentang masalah yang lagi dihadapi...walaupun mungkin solusinya nggak terlalu bagus...tapi yang penting adalah komunikasi yang terjalin antara mereka.
Dan biasanya komunikasi antara mereka berdua berkembang pas kita sarapan bareng.
Bukan sekali dua kali gw dikagetin sama pertanyaan Papah yang seperti ini...
"Roi...kamu kok bisa lupa bawa pulang tas sekola kamu?, ketinggalan dimana?" (waktu gw SD)
"Roi...itu kok ulangan matematika bisa sampe jelek gitu gimana caranya?" (waktu gw SMP)
"Nginep dimana kemaren? Nggak bilang-bilang sama orang rumah" (waktu gw SMA)....terus terang aja...kadang-kadang rentetan pertanyaan itu ngebuat gw semakin jauh sama ortu...gw waktu itu hanya bisa melihat perlakuan ortu gw dari permukaannya aja.
Kenapa gw begitu amaze sama ini? Well karena bersatunya kedua ortu gw adalah dijodohin...menuruti keinginan kakek-nenek gw...kalo gw denger cerita tentang gimana mereka di-jodohin mmmmmmm...miris banget deh....
Tapi walhasil...mereka berdua bisa memupuk perasaan yang awalnya dipaksakan dengan morning discussion

No comments: