Tuesday, October 28, 2003

Malem-malem waktu pas gw ngecek email gw di Yahoo...mata gw secara nggak sengaja tertumbuk ke pojok kanan atas halaman MyYahoo...tulisan simpel aja: 28 Oct...
Terus terang gw kaget kalo sekarang 28 Oktober...kenapa? Gw baru nyadar kalo setiap tanggal 28 Oktober dulu diperingati sebagai hari kebangkitan pemuda atau hari sumpah pemuda...tapi sekarang? kayanya gegap gempita peringatan kebangkitan pemuda tiap tanggal 28 Oktober hilang sama sekali.
Sejujurnya gw juga nggak mengharapkan peringatan yang terlalu gegap gempita...tapi kok ya setiap media kayanya udah melupakan moment penting itu ya?
Bahkan waktu gw baca-baca koran di Pusdok...kayanya nggak ada satu media pun yang menurunkan semacam renungan tentang hari ini...miris banget deh.
Apa semua orang yang ada di Indonesia ini berpendapat bahwa hari peringatan kebangkitan pemuda (hari sumpah pemuda) merupakan salah satu warisan orde baru yang dikategorikan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan bangsa indonesia?
gw rasa nggak...
tapi kenapa momentum hari sumpah pemuda itu seakan-akan hilang dari permukaan? tenggelam ditelan segudang permasalahan? menurut gw, momentum hari sumpah pemuda masih bisa digunakan sebagai salah satu saat bagi bangsa indonesia untuk bercermin.
Mau nggak mau gw berpendapat memang rasa kebangsaan kita udah sampai ke taraf yang rendah banget.
Termasuk gw....
Kenapa gw ngerasa bahwa rasa kebangsaan gw rendah banget? karena sejujurnya...gw nggak terlalu bangga dengan bangsa ini...terkenal korup, berantakan, dan lain sebagainya...walaupun gitu...gw masih bisa ngebentak dan nendang (kalo perlu) orang asing yang ngehina bangsa indonesia...jelek-jelek gini, ini adalah bangsa gw sendiri, nggak boleh ada yang ngehina.
Munafik?
Mungkin, tapi itu kenyataan yang ada mengenai pendapat gw tentang bangsa indonesia, bangsa yang ngelahirin ortu gw.
Kapan bangsa indonesia bisa maju kalo ternyata hampir seluruh generasi muda di indonesia punya taraf kebangsaan yang sama seperti gw?
moga-moga gw hanya segelintir generasi muda yang ngerasa pesimis tentang nasib bangsanya sendiri.

No comments: