Sunday, November 09, 2003


Nama panggilannya cukup sederhana..Ea...gw biasa manggil beliau Mbak Ea atau kadang-kadang Bu Ea. Tapi kalo gw liat di semua surat-surat formal yang dikeluarin di tempat kerja gw dulu...gw bisa liat nama yang sering dipake sama Mbak Ea: Layla S. Mirza.
Gw pertama kali belajar jurnalistik dari beliau...gw bisa mancapai taraf kehidupan sampai sekarang ini, sedikit banyak merupakan kontribusi dari Mbak Ea.
Terus terang gw ngerasa berhutang budi banget sama Mbak Ea yang mau ngasih kesempatan gw buat belajar jurnalistik.
Awal gw keterima di Radio Mara, gw hanya ditempatin di...mmm apa ya...mungkin gampangnya seperti operator telepon..hanya agak lebih kompleks aja.
Setelah beberapa waktu baru gw nyadar bahwa pekerjaan simpel itu, merupakan dasar bagi sistim jurnalistik radio yang dikembangkan oleh Mbak Ea...BURAS...Back Up Room Rapdily Approaching System.
Pada intinya..tugas kru Buras adalah mem back-up penyiar yang sedang bertugas.
Pelan-pelan...setelah bertugas selama beberapa bulan di Mara...setelah gw belajar cara nerima telepon, follow-up kasus, arrange wawancara udara, de-el-el...gw mulai dikasih kepercayaan buat memfungsikan sebagai kru Buras seutuhnya...mulanya sebagai staf biasa dan akhirnya menjadi redaktur buras yang mengkoordinasikan (dan kadang-kadang) follow up kasus.
Mbak Ea sesekali juga ngasih semacam pelatihan jurnalistik radio buat kru Buras. Buat kru buras laen yang memang punya back-ground jurnalistik, boleh jadi pelatihan itu hanya jadi sesi penyegaran. Tapi buat gw, itu semua adalah proses pembelajaran...learning by doing...dan kayanya gw lebih suka dengan sistim pembelajaran seperti itu.
Sekarang itu semua hanya kenangan semata. Sabtu 8 November kemarin, sekitar pukul 16:45 Mbak Ea meninggal di RS Immanuel Bandung karena penyakit kanker yang sudah menggerogoti tubuhnya sejak sekitar empat tahun terakhir.
Terakhir kali gw ketemu Mbak Ea sekitar akhir tahun lalu, waktu gw lagi liburan ke Bandung. Gw ngobrol lumayan banyak sama Mbak Ea, terutama tentang rencana gw buat ngambil kuliah lagi.
...........
nggak tau deh mau nulis apa lagi....
bingung gw...
semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah almarhumah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan

No comments: