Monday, August 08, 2005

lagu kebangsaan kota (or kabupaten...)

Salah satu yang saya suka dari bloghoping adalah bisa mengintip atau bahkan merasakan sesuatu yang belum pernah saya alamin. Misalnya hidup di negara lain.
Beberapa hari terakhir ini saya sepertinya bisa tau gimana rasanya tinggal di New York (thanks buat blognya loucee).
Pada saat yang bersamaan, saya juga iseng explore jaringan komputer di kantor dan menemukan lagu New York New York yang dinyanyi-in oleh Frank Sinatra. Some how saya ngerasa irama dari lagu New York New York itu bisa membuat theater of mind tentang New York. Suasananya dan semangatnya...
Saya jadi kepikiran mungkin sebaiknya seluruh kota di dunia punya lagu kebangsaannya sendiri. Tapi mungkin susah ya. Di Indonesia aja, kayanya nggak semua kota punya lagu kebangsaannya sendiri.
Yang paling terkenal, apalagi kalo bukan Yogyakarta yang dibawa-in sama KLA Project? Di lirik lagu itu juga kita bisa ngerasa-in suasananya Yogya: makanan lesehan sama kaki lima-nya. Walaupun secara keseluruhan tema lagu itu nggak ngegambarin kota Yogyakarta, tapi tetep aja suasanya kalo ngedenger lagu itu, saya langsung ngebayangin suasana Yogya yang nyantai, nyaman dan nyasri...asri maksudnya.
Selain Yogyakarta, sepertinya nggak ada lagi lagu tentang kota yang cukup populer. Dulu ada lagu tentang Jakarta, mungkin nge-pop sekitar tahun 80-an. Lenggak-lenggok Jakarta yang dinyanyi-in sama Andie Meriam Matalata (kalo nggak salah)
...
lenggak-lenggok Jakarta
bagai pinggul gadis remaja

...
tapi sekarang udah nggak terlalu banyak yang tau kali ya.
Dulu juga pernah ada lagu tentang Bandung, saya lupa judulnya apa, tapi kayanya nggak terlalu populer.
Jadi keingetan dulu ada lagu judulnya New York Rio Tokyo. Yang bisa ngebuat bingung yang ngedengernya; mau keingetan New York, Rio de Jenairo, atau Tokyo?
Tapi kalo mau inget New York sih, mendingan ngedengerin Frank aja...
...
New york, New York
I wanna wake up in the city
That never sleeps
And find I’m a number one,
Top of the list,
King of the hill, a number one

...

No comments: