Tuesday, September 13, 2005

kerjaan

what do you do for a living? mr....
my name is bond, james bond, do you really want to know what i do for a living?


Itu dialog khayalan terliar saya yang terlintas di kepala saya sekarang ini, jika ada orang iseng yang menanyakan apa pekerjaaan saya. Saya memang sedang bosan dan bosan dan bosan dan jenuh dengan pekerjaan yang sudah saya jalani sekitar delapan tahun terakhir ini.
Awalnya, pekerjaan saya ini menawarkan sesuatu hal yang amat sangat dinamis, tidak terpaku pada waktu dan tempat, perubahan drastis yang harus diantisipasi, and so on and so on.
Tapi seiring berkembangnya waktu, secara disadari dan tidak sadari saya menemukan pola-pola tersendiri untuk menyiasati hal-hal tadi. Terlebih sebagai wartawan, saya seringkali dikisiki informasi off the record, yang sedikit banyak menunjukan bobroknya masyarakat kita.
Ada hal lainnya yang membuat saya merasa tidak 'pede' sebagai wartawan; rekan-rekan kerja yang menyebut diri mereka wartawan, tapi itu hanya dalih untuk mencari kepentingan pribadi yang sesaat. Wartawan bodrek dan sebagian wartawan infotainment termasuk dalam kategori ini...

No comments: