Thursday, July 03, 2008

Koran Digital

Awalnya Ndoro Kangkung yang posting soal Koran Tempo yang goes digital alias bisa dilihat vie internet. Saya langsung coba menelusuri link yang dikasih Ndoro Kangkung untuk layanan ini.
Cool....
persis seperti kalau kita baca koran. Tampilan koran biasa, hanya tinggal klik-sana dan klik-sini untuk membuka halaman koran yang versi aslinya.
Terus satu atau dua hari kemudian saya baru tahu Kontan Harian juga punya layanan yang sama.
Dan hari ini, Kompas juga meluncurkan versi cetak digitalnya.
Secara tampilan dan aksesibilitas, saya lebih suka Koran Tempo, karena disitu kita bisa memilih membaca artikel yang dilengkapi dengan gambar atau tidak. Buat pengguna internet yang punya keterbatasan bandwidth, ini jelas menguntungkan.
Tampilan koran digital Kompas dan Harian Kontan mirip. Saya agak kesulitan untuk melakukan zoom saat mau membaca sebuah artikel tertentu. Tampilan di layar komputer saya, yang tadinya menampilkan gambar seluruh lembaran koran dengan jelas, berubah menjadi mode zoom dengan tampilan piksel yang kasar. Saya tidak bisa membaca jelas artikel secara keseluruhannya.
Anyway....
semoga saja langkah digitalisasi koran ini juga diikuti oleh koran-koran lainnya

No comments: