Thursday, March 05, 2009

Capres dan internet


Paling enak emang ngomongin orang lain.
Dan kali ini yang mau saya omongin adalah dua capres kita, Prabowo dan Megawait....( I hate politic, but I can't help my self....). Kenapa kedua orang ini? Yah ternyata saya lihat dua orang capres ini sedang jadi pembicaraan di ranah internet, minimal dua hari terakhir ini.
Megawati, atau tim kampanyenya, sedang menghadapi 'serangan image' di Facebook dan Kaskus (forum online terbesar di Indonesia, sempat diisukan hendak di beli oleh Google). Sementara Prabowo saat ini sedang membangun image di ranah blog dan mailing list. Sejauh ini sih upayanya lumayan bagus.
Internet, seperti hal-hal lainnya di dunia, ibaratnya punya dua sisi pisau yang tajam. Dia bisa mengangkat image orang ataupun menghancurkannya.
Dengar-dengar sih, salah satu faktor Obama bisa memenangkan pemilu di Amerika sana karena tim kampanyenya mengoptimalkan fungsi internet ini, dan Obama juga termasuk figur yang lumayan 'melek' internet: sampai harus bersitegang dengan Secret Service yang berencana tidak mengizinkan Obama mengakses email-emailnya lewat Blackberry - namun toh Secret Service mengalah meskipun tetap membatasi komunikasi email Obama hanya kepada orang-orang terdekat.
Lomba kampanye lewat internet memang punya nilai lebih, minimal lebih ramah lingkungan karena tidak harus membuat dan menempel spanduk atau poster dimana-mana. Belum lagi strategi yang harus diterapkan harus benar-benar dipertimbangkan, dengan dukungan orang-orang yang punya spesifikasi tertentu.
Tapi pemilu untuk presiden masih 9 Juli nanti (kalau tidak salah), masih ada jalan panjang, masih ada kesempatan untuk membuat buzz yang masif di ranah internet.

2 comments:

fahmi said...

That's right, it'll help the president candidates especially when they have no more money. I like this article. Thanks

roi said...

@fahmi
Thanks, I believe it's beyond about the matter. It's more about looking something that unusual yet have a huge impact