Friday, April 17, 2009

Politik dan media

Saya sangat jarang baca koran, baca dalam artian membaca mulai dari kata per kata, baris per baris, alinea per alinea sebuah artikel dalam koran.
Biasanya yang saya lakukan adalah mencari informasi lewat internet, sudah cukup banyak sumber berita di internet, yang tentunya salah satunya adalah blog. Kalaupun punya waktu agak banyak untuk melihat koran, saya lebih memilih untuk mengambil setumpuk koran, dan melakukan bacaan sekilas pada judul-judul yang ada.
Seperti pagi ini.
Ada dua hal yang menarik perhatian saya dalam beberapa judul artikel yang saya baca. Tabloid Kontan mengeluarkan artikel yang judulnya kurang lebih: SBY - JK memimpin ekonomi lagi? dan headline di Bisnis Indonesia tentang dana asing yang meningkat masuk ke pasar bursa nasional.
Sepertinya para pelaku pasar, terutama yang asing, yakin sekali SBY akan menjadi presiden lagi. Kemenangan Partai Demokrat di Pemilu legislatif lalu (meskipun belum disahkan KPU) sepertinya jadi salah satu sentimen positif. Banyak yang bilang pemerintahan SBY-JK yang bakalan segera berakhir ini cukup favorable buat pelaku ekonomi dan pasar.
Sehingga ketika para pelaku pasar melihat adanya peluang SBY untuk naik jadi presiden lagi, dan adanya kemungkinan berpasangan dengan JK, mereka memborong saham di Indonesia yang saat ini memang harganya lagi rendah.
Oh well, kita ini memang dijajah secara ekonomi kok
Hal kedua yang menarik perhatian saya adalah tentang menangnya majalah Time dalam kasus melawan gugatan dari keluarga Cendana gara-gara artikel mereka pada 1999 lalu.
Buset deh, butuh waktu sekitar sepuluh tahun untuk menyelesaikan perkara ini? Jangan-jangan keluarga Cendana sudah kehilangan kekuatan lobi mereka?

2 comments:

Fahmi said...

Nice to meet you, Roi....

roi said...

@Fahmi
nice to meet you too Fahmi :)