Saturday, November 16, 2013

Tentang Korupsi

Gue selalu beranggapan kalau korupsi semata-mata mengenai kesempatan. Kesempatan melakukan korupsi dan 'kesempatan' ketahuan publik.
Definisi korupsi, kalau kata Wikipedia adalah: tindakan pejabat publik, baik politisi maupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar dan tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak.
Cuma kata gue, definisi itu kurang menyempilkan 'kesempatan'.
Menurut gue, kita bisa ngeliat korupsi kecil-kecilan di sekeliling kita, mulai dari motor yang naek ke trotoar, sampai manipulasi bon belanja kantor.
Alasan: 'sama-sama diuntungkan kok' itu sepertinya jadi dalih yang bisa diterima sama kita semua, atau mungkin minimal oleh saya.
Dan dengan tidak bangga, gue ngaku kalau mungkin gue seorang koruptor.
Iya, Berani Jujur itu Hebat.

No comments: